Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Kesehatan Kulit

Dampak Buruk Asap Rokok Bagi Kesehatan Kulit
Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang berpengaruh negatif terhadap kesehatan paru-paru. Namun bukan hanya paru-paru saja yang terancam kesehatannya, melainkan juga berdampak pada kesehatan kulit. Apa saja dampak buruknya, yuk kita cari tahu pada ulasan berikut ini. 

Tidak hanya si perorok, orang-orang yang berada di sekitar juga akan terkenda dampak buruk dari rokok. Hal ini karena di dalam rokok terkandung berbagai jenis racun yang sangat membahayakan tubuh. Siapapun yang sedang merokok dekat Anda, asap yang bertebaran di udara pun akan mereka hirup. Maka, tidak diragukan lagi angka kematian akibat rokok akan terus meningkat. 

Berdasarkan penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan US National Cancer Institute yang dilansir dari CNN Indonesia (2017), menyatakan bahwa angka kematian akibat tembakau diproyeksikan meningkat dari enam juta kematian per tahun menjadi delapan juta per tahun pada 2030. Hal ini terjadi lebih dari 80 persen di negara berpendapatan menengah ke bawah. Kandungan rokok memang sangat berbahaya dan tidak hanya berpengaruh negatif terhadap kondisi paru-paru saja, melainkan juga bagi kesehatan kulit. 


Rokok memang memperburuk kesehatan dari dalam dan luar tubuh. Oleh karena itu, tidak heran kalau penampilan Anda akan menjadi lebih tua dan kulit terlihat kusam. Berikut ini terdapat beberapa efek negatif rokok bagi kesehatan kulit, antara lain:
  • 1. Penuaan dini, yakni menua lebih cepat karena membuat pembuluh darah pada lapisan atas kulit akan menjadi lebih menyempit, sehingga pasokan darah ke kulit berkurang dan membuat persediaan oksigen menurun.
  • 2. Selain efek penuaan, rokok juga memiliki efek buruk pada kecantikan seperti penipisan kulit karena menghilangnya kandungan vitamin C di dalam tubuh. Penurunan jumlah kolagen pada kulit pun terjadi dan merusak  serat elastin yang seharusnya dapat membuat kulit elastis.
  • 3. Bintik hitam pada wajah akibat paparan zat kimia berbahaya dari rokok yang merusak sel-sel pada kulit, sehingga berisiko timbulnya bintik hitam pada wajah.
  • 4. Terjadi perubahan warna kulit, yakni zat kimia nikotin yang terdapat pada rokok mengubah warna kulit menjadi gelap, baik itu pada kulit, kuku, gigi dan bibir.
  • 5. Jerawat karena zat kimia yang terdapat pada rokok dapat merusak tekstur kulit dan dapat menyebabkan penyumbatan pada kulit.
  • 6. Kanker kulit. Rokok tidak hanya menimbulkan masalah pada kulit, tapi menurut penelitian 75 persen rokok juga dapat menyebabkan kanker pada kulit.


Dampak rokok terhadap kesehatan dan kecantikan kulit sangat berpengaruh terhadap penampilan tubuh. Anda akan terlihat lebih kusam dan tidak segar lagi. Berikut ini terdapat beberapa tips untuk  menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bagi perokok, yaitu:
  • 1. Sebisa mungkin menghindari atau mengurangi rokok.
  • 2. Perbanyak minum air mineral karena zat kimia pada rokok membuat kulit kering dan mengalami dehidrasi.
  • 3. Bersihkan wajah secara rutin karena kulit yang terpapar asap rokok, pori-porinya akan tertutup, sehingga mencuci  wajah 2x sehari sangatlah penting.
  • 4. Gunakan sunblock karena bahan yang terkandung pada sunblock mampu mengurangi risiko wajah terlihat kusam dan tidak cerah.
  • 5. Untuk membantu mengeluarkan racun pada kulit wajah, lakukan scrubbing dua hari sekali. Anda bisa gunakan K-Link Citra Beaucare Scrub Lotion untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan toksin yang menempel pada wajah.
  • 6. Untuk mengembalikan kandungan vitamin C yang hilang pada kulit, perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen seperti K-Vit C Plus Teavigo setiap hari karena  K-Vit C Plus Teavigo mengandung bahan utama teh hijau dan vitamin C yang efektif menjaga daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Teh hijau yang terdapat dalam K-Vit C Plus Teavigo juga sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk menghalau zat kimia pada rokok. Vitamin C-nya juga bisa membantu mengembalikan kesegaran kulit.
  • 7. Lakukan perawatan rutin seperti masker wajah agar mengurangi risiko kondisi garis halus dan kerutan  pada wajah yang semakin parah. Untuk itu, K-Care Honey & Goat Milk Peel of Mask dapat membantu mengembalikan kelembapan wajah yang kering akibat dehidrasi kulit saat merokok. Anda perlu gunakan masker 2x dalam seminggu secara rutin.
  • 8. Mengonsumsi K-Liquid Chlorophyll 3x sehari bisa membantu membuang toksin dalam tubuh. Kandungannya juga bersifat antioksidan yang berfungsi menghalau oksidasi sel di dalam tubuh (yang dapat menimbulkan kanker) dan melancarkan oksigen dalam darah yang menyebabkan bau badan tidak sedap akibat merokok.

Oleh karena itu, yuk hindari rokok dari sekarang agar kesehatan tubuh dan kecantikan kulit tetap terjaga. Jangan lupa agar konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi ya. (Diah/Dwita)