Menopause Tak Perlu Ditakuti: Faktor-Faktor Pemicu Menopause (Bagian 3)

Menopause Tak Perlu Ditakuti: Faktor-Faktor Pemicu Menopause (Bagian 3)
Kali ini kita akan melanjutkan kembali membahas tentang menopause. Menyusul artikel sebelumnya, bagi Anda yang belum sempat membacanya, Anda dapat mengunjungi halaman berikut ini: Bagian 1 dan Bagian 2.

Untuk hari ini kita akan membahas tentang hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan atau bahkan mempercepat terjadinya menopause, antara lain:


  1. 1. Usia saat haid pertama kali (menarche)
  2. Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh berbagai ahli menyebutkan adanya hubungan antara usia pertama kali mendapat haid dengan usia seorang wanita memasuki menopouse. Kesimpulan dari penelitian-penelitian ini mengungkapkan, bahwa semakin muda seorang mengalami haid pertamakalinya, semakin tua atau lama ia memasuki masa menopouse. 
  3. 2. Faktor psikis
  4. Status sebagai wanita yang belum menikah dan merupakan wanita pekerja, dapat mempengaruhi periode menopause itu lebih cepat terjadi dibandingkan dengan mereka yang tidak menikah dan tidak bekerja karena kondisi psikis wanita dengan dua status tersebut yang lebih sering rentan mengalami stres.
  5. 3. Jumlah anak
  6. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang melahirkan banyak anak, cenderung lebih mudah dan lebih cepat mengalami penuaan dini karena tingkat stres yang tinggi dan hal inilah yang menyebabkan mereka semakin dekat dengan masa menopause.
  7. 4. Usia melahirkan
  8. Ketika seorang wanita melahirkan atau memiliki seorang anak dalam usia yang sudah berumur, maka wanita tersebut akan semakin lambat memasuki usia menopausenya dikarenakan proses kehamilan dan persalinan dapat mempengaruhi organ kewanitaan dan memperlambat penuaan dini. 
  9. 5. Pemakaian kontrasepsi
  10. Salah satu faktor lainnya yang dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya masa menopause adalah alat kontrasepsi yang kita pilih karena hal ini dapat berpengaruh pada hormon wanita, khususnya alat kontrasepsi jenis hormonal. Cara kerja kontrasepsi ini adalah menekan fungsi indung telur sehingga tidak memproduksi sel telur. Pada wanita yang menggunakan kontrasepsi ini akan lebih lama atau tua saat memasuki menopouse.
  11. 6. Merokok
  12. Rokok menjadi salah satu sumber penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh wanita. Selain itu, bahaya merokok juga dapat mempengaruhi tingkat stres pada wanita dan hal ini cenderung berpengaruh pada lebih cepatnya wanita mengalami masa menopause. 


Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyumbang pada proses menopause, pada artikel berikutnya  kita akan membahas bagaimana cara memperlambat menopause yah, tetap ikuti artikel-artikel kita berikutnya, sampai jumpa! K-LINK Solusi hidupmu! (Jabbar/Marini