Menopause Tak Perlu Ditakuti : Yuk Ketahui Tahapan Menopause (Bagian 2)

Menopause Tak Perlu Ditakuti : Yuk Ketahui Tahapan Menopause (Bagian 2)
Menopause ini pasti akan dialami setiap wanita, jadi kenapa harus panik hadapi menopause, itu sesuatu yang normal. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana tahapan-tahapan sampai menopause itu terjadi, yuk kita ikuti bersama. 


Menurut data WHO, setiap tahunnya sekitar 25 juta wanita di seluruh dunia diperkirakan mengalami menopause, dan jumlah wanita usia 50 tahun ke atas diperkirakan meningkat dari 500 juta pada saat ini menjadi lebih dari 1 milyar pada tahun 2030. Di Asia sendiri pada tahun 2025, jumlah wanita yang berusia tua diperkirakan akan melonjak dari 107 ke 373 juta. Dimana sekarang ini, usia hidup wanita lebih panjang dan juga lebih aktif setelah masa menopause.

Tidak semua wanita mengalami waktu menopause yang sama. Namun terdapat empat tahap menopause yang akan dialami oleh para wanita. Transisi dari setiap tahap ini umumnya berlangsung antara satu hingga tiga tahun. 


Berikut tahapan menopause yang perlu Anda pahami:
1. Pramenopause
Pada tahap pramenopause akan terjadi kekacauan siklus haid, perubahan psikologis, perubahan fisik, perdarahan memanjang dan relatif banyak yang terkadang disertai nyeri haid. Pramenopause merupakan permulaan dari transisi yang dimulai dua hingga lima tahun sebelum menopause. Pramenopause terjadi pada usia antara 45-55 tahun.
2. Perimenopause
Perimenopause adalah masa ketika kondisi tubuh menyesuaikan diri dengan masa menopause yang berkisar antara 2-8 tahun ditambah dengan satu tahun setelah periode terakhir menstruasi. Di Indonesia, usia perimenopause berkisar antara 46-55 tahun.
3. Menopause
Pada tahap menopause, ovarium berhenti mengeluarkan hormon estrogen dan progesterone namun tetap mengeluarkan hormon pria seperti testosterone dan androstenedione yang menyebabkan semakin menonjolnya perubahan serta keluhan psikologik dan fisik. Tahapan ini bisanya terjadi pada  usia antara 49-50 tahun, dan dapat berlangsung selama 3 hingga 4 tahun.
4. Pascamenopause
Pada tahap ini, sudah terjadi adaptasi perubahan psikologis dan fisik, ovarium juga sudah tidak berfungsi dan mengalami atrofi atau pengecilan ukuran. Selain itu, hormon gonadotropin meningkat. Usia rata-rata wanita berada pada tahap pascamenopause adalah 50-55 tahun. Normalnya, paska menopause berlangsung kira-kira 10-15 tahun diikuti oleh masa senium (uzur) sekitar usia 65 tahun sampai akhir kehidupan.


Akibat pola hidup tidak benar, menopause bisa datang lebih dini dari yang seharusnya dan itu banyak terjadi pada wanita masa kini. Jadi, segera waspadai terjadinya menopause dini sebelum itu terjadi. Diantaranya dengan mengetahui bahwa ternyata menopause itu tidak terjadi seketika, namun juga memiliki tahapan-tahapannya dan kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapinya. (Abdul Jabbar/Inggrid)