Kulit Bersisik? Hati-Hati Kondisi Psoriasis: Jenis & Ciri Psoriasis (Bagian 1)

Kulit Bersisik? Hati-Hati Kondisi Psoriasis: Jenis & Ciri Psoriasis (Bagian 1)
Halo mitra K-LINK, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit kulit yakni Psoriasis. Psoriasis memang masih asing didengar. Namun jika Anda mengalami kulit bersisik atau kulit gatal yang teramat parah waspadai Anda menderita Psoriasis. Kondisi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1800-an dan dinamai Psoriasis pertama kali pada tahun 1841. Penamaan penyakit ini diambil dari bahasa Yunani yakni Psoa yang berarti gatal. Belum terdapat angka pasti kejadiannya di Indonesia, namun penderita kondisi ini tiap tahun terus bertambah. Psoriasis terjadi paling sering pada usia muda, dan angka kejadian antara pria dan wanita sama besarnya.


Pengertian

Psoriasis merupakan penyakit peradangan kulit menahun yang menyebabkan kulit menjadi kering, berwarna keperakan hingga putih, menebal (seperti bertumpuk-tumpuk), bersisik disertai rasa gatal dan perih. Bila lapisan kulit yang menebal dilepaskan, maka akan menimbulkan bintik kemerahan dan berdarah. Psoriasis sendiri termasuk penyakit autoimun artinya disebabkan oleh sistem imun yang keliru sehingga menyerang tubuhnya sendiri. Karena sifatnya yang menahun, maka kondisi awal psoriasis mungkin tidak terlalu menimbulkan gejala sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Namun, lambat laun akan muncul secara lebih jelas. Oleh sebab itu, tidak jarang para penderita psoriasis terlambat mengetahuinya. Psoriasis dapat menyebar dalam hitungan minggu, bulan atau bahkan tahunan. Tak jarang, kondisi ini akan menetap selama bertahun-tahun atau bisa saja mereda dengan sendirinya bahkan hilang sama sekali dengan sendirinya.

Jenis Psoriasis

Psoriasis paling sering menyerang bagian kulit seperti siku, lutut, dan leher. Namun, sebenarnya psoriasis sendiri memiliki beberapa jenis yang juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti kuku dan kulit kepala. 


Jenis-jenis Psoriasis dan ciri-cirinya:
  1. 1. Psoriasis vulgaris ditandai oleh bercak kulit kemerahan dengan sisik perak di atasnya. Psoriasis jenis ini menyebabkan gatal pada kulit dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.
  2. 2. Guttate psoriasis digambarkan sebagai bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh.
  3. 3. Inverse psoriasis ditandai oleh bercak yang kebanyakan ditemukan pada ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan bokong. Meskipun tidak mengakibatkan sisik, tetapi jenis ini menyebabkan peradangan merah pada kulit.
  4. 4. Pustular psoriasis adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dan ditandai dengan lepuhan kekuningan penuh dengan nanah.
  5. 5. Psoriasis juga dapat muncul pada kulit kepala. Orang sering salah mengira psoriasis ini sebagai ketombe. Penebalan kulit yang muncul berbentuk serpihan bersisik merah pada kulit.
  6. 6. Psoriasis kuku biasanya hadir di sekitar kuku kaki dan tangan. Psoriasis ini terjadi di sekitar pinggir kuku yang dapat membuat kuku dan kulit terpisah. Bahkan pada kasus terparah, kuku bisa terlepas.


Mitra K-Link, jika Anda masih penasaran dengan kondisi Psoriasis maka baca artikel selanjutnya, ya! Kita akan menggali lebih dalam mengenai penyakit ini minggu depan, sampai jumpa lagi! (Fina/Marini