Menopause Tak Perlu Ditakuti (Bagian 1)

Menopause Tak Perlu Ditakuti (Bagian 1)
Menopause berarti tidak menstruasi, tidak  hamil lagi, dan pastinya memperkecil terjadinya kehamilan. Tapi kenapa wanita khawatir dan panik bahkan takut akan datangnya waktu menopause, karena menopause merupakan proses alami yang tidak mungkin dapat dicegah. 

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause, namun berbeda waktunya, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Menopause itu sendiri adalah masa terhentinya siklus haid pada seorang perempuan, yang biasanya ditandai atau diawali dengan masa pra-menopause, yaitu sebuah masa dimana kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesterone menjadi semakin berkurang dan memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan.


Secara umum, menopause terjadi pada perempuan saat memasuki usia 40 tahun, namun ada juga yang baru mengalaminya saat memasuki usia 50 tahun, sedangkan pra-menopause terjadi sekitar 2 atau 3 tahun sebelum menopause atau terhentinya siklus haid secara total.

Apa saja gejala dari menopause ?

1. Kekeringan vagina
Ketika mengalami siklus hormonal, vagina akan selalu dilumasi
dengan baik. Tetapi jika vagina menjadi kering untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti Anda telah mendekati menopause.
2. Sensasi terbakar
Ini adalah tanda yang paling umum dari menopause. Jika Anda masih dalam usia dua puluhan dan merasa seperti telinga Anda terbakar, Anda perlu segera ke dokter.
3. Perubahan suasana hati
Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati dimana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan terkadang memiliki pikiran untuk bunuh diri.
4. Perubahan pola tidur
Beberapa wanita mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat tidur nyenyak karena depresi atau gejolak hormonal. Perubahan pola tidur ini dapat mempengaruhi suasana hati, produktivitas kerja dan juga hubungan pribadi
5. Gairah seksual yang rendah
Pada usia 20-an dan 30-an, dorongan seksual wanita seharusnya sedang berada di puncak. Tetapi jika Anda telah menghindari seks dan membuat banyak alasan untuk mengalihkan perhatian pasangan, Anda perlu segera memeriksakan kadar hormon Anda.
6. Menstruasi tidak teratur
Ketika siklus menstruasi menjadi tidak teratur secara tiba-tiba, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur adalah bukti konklusif dari menopause dini.

Itulah beberapa gejala menopause yang perlu kita ketahui, untuk tahapan-tahapan menopause akan kita bahas di artikel berikutnya ya, jangan sampai ketinggalan. (Abdul Jabbar/Inggrid)