Ga Mau Cepat Tua? Hindari Gula Berlebihan

Ga Mau Cepat Tua? Hindari Gula Berlebihan
Gula adalah zat karbohidrat sederhana yang dapat menjadi sumber energi. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dalam makanan atau minuman. Gula sederhana  seperti glukosa, menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula, tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan namun juga berdampak buruk untuk kecantikan. 

Saat kita menua, maka sel di tubuh kita akan memperbarui dan meregenerasi kulit lebih lambat. Tanpa disadari, kita bahkan mempercepat proses penuaan dan memperlambat pembaruan sel yang efektif serta merusak produksi kolagen dengan mengonsumsi gula berlebihan. Padahal, kolagen itu penting karena merupakan protein struktural utama di dalam kulit yang berperan untuk membuat kulit menjadi kencang dan elastis.

Mengonsumsi terlalu banyak gula akan mempercepat proses alami di dalam tubuh yang disebut glikasi. Glikasi menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin, yaitu serat protein yang menjaga kulit tetap kencang, halus, dan bebas kerutan dari dalam. Sekali protein rusak, maka serat kolagen dan elastinnya menjadi terpecah dan terlepas satu sama lain, akibatnya akan muncul garis halus, kerutan, dan kulit kendur di permukaan.

Mengingat salah satu faktor yang mempengaruhi proses penuaan adalah makanan yang sehari-hari kita konsumsi, jangan sampai salah pilih makanan. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat berlebihan yang menyebabkan kandungan gula dalam darah meningkat sehingga terjadi sejumlah reaksi kimia yang mengakibatkan peradangan. Mula-mula, saat gula darah bertemu dengan mineral dalam tubuh (antara lain zat besi dan tembaga), terjadilah proses kimiawi yang membentuk radikal bebas. Radikal bebas inilah yang kemudian dapat menyerang selaput lemak sel. Akibatnya, terjadilah peradangan yang dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan mempercepat penuaan. 

Lalu berapa banyakkah asupan gula dalam sehari yang direkomendasikan untuk kesehatan kulit? Berikut takarannya :
         Pria            : 36 gram atau 9 sendok teh/hari
         Wanita       : 20 gram atau 5 sendok teh/hari
         Anak-anak : 12 gram atau 3 sendok teh/hari


Menghitung asupan gula harian tentunya bukanlah hal yang mudah, tetapi Anda dapat mengendalikannya dengan melakukan diet yang benar dan olahraga yang cukup. Konsumsi gula harian yang direkomendasikan di atas, tidak merujuk pada gula sederhana dari soda dan makanan penutup, akan tetapi gula kompleks dari karbohidrat dan buah. Karena itu minuman dan makanan manis lainnya tentu mengandung gula yang lebih tinggi.

Nah setelah membaca artikel ini, untuk pecinta rasa manis, mulailah kurangi konsumsi gula berlebihan demi kesehatan dan kecantikan kulit Anda, dan mulailah dengan pola hidup sehat sekarang sebelum efek penuaan terlihat lebih cepat dari seharusnya, ya! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : Jangan Menyepelekan Muntaber (Bagian 1)