Cara Tepat Lindungi Pencernaan

Cara Tepat Lindungi Pencernaan
Kesehatan pencernaan menjadi hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, apabila terjadi masalah pada pencernaan, akan menimbulkan beragam penyakit mulai  dari perut kembung, mulas, dan juga sakit kepala bahkan bisa sebabkan menurunnya daya ingat.

Semua mahluk hidup memerlukan makanan dan makanan yang dikonsumsi akan dicerna serta diurai menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apa sih yang dimaksud dengan pencernaan? Sistem pencernaan merupakan sistem yang  mengubah makanan menjadi sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, pencernaan merupakan organ tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Sistem pencernaan dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai ke anus.

Pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi buah, sayur dan terlalu cepat menelan makanan adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Penyebab utama gangguan pencernaan pada orang dewasa salah satunya stres, gangguan pencernaan dapat berupa mual, kembung, perih, nyeri ulu hati, bahkan kanker usus yang timbul dikarenakan usus mengalami infeksi akibat bekerja ekstra keras sewaktu mencerna makanan yang kurang serat. Bagaimana cara menjaga kesehatan sistem pencernaan? Berikut adalah cara tepat menjaga kesehatan pencernaan :

Baca Juga : 4 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal

•    Kunyah makanan dengan baik



S
emakin kita mengunyah makanan dengan lama, semakin mudah makanan itu dicerna tubuh dan menghasilkan enzim yang lebih banyak. Tidak perlu 32 kali, tapi tidak kurang dari 10-12 kali kunyah agar makanan tidak membebani usus.


•    Konsumsi makanan berserat




Tidak hanya membantu sistem pencernaan, makanan berserat mampu mencegah penyakit diabetes, jantung koroner, wasir, kanker usus besar, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain makanan berserat dengan mengonsumsi  K- Liqud Chorophyll setiap hari dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, choropyll mampu mengatasi gangguan pencernaan, sakit maag (kembung) serta dapat mengatasi sembelit dan membuang toksin pada tubuh.


•    Batasi asupan daging



Konsumsi daging yang seimbang dengan baik, hindari mengonsumsi daging terlalu berlebih karena bisa mengakibatkan gangguan sistim pencernaan.Daging adalah bahan makanan yang sulit dicerna dengan cepat sehingga cendrung menumpuk di perut menjadi lemak.


•    Makan secara teratur



Makan teratur dapat mengoptimalkan kerja sistim pencernaan, perut kosong menimbulkan nyeri dan kembung. Usahakan untuk makan teratur 3 kali sehari  serta anda dapat menambahkan mengonsumsi Ayulax 2 kapsul sebelum tidur untuk membantu melancarkan pencernaan dan mempermudah membuang sisa-sisa kotoran dan toksin pada usus, serta dapat  membantu mengatasi masalah kembung dan mengatasi sakit maag pada perut, Ayulax merupakan suplemen kesehatan herbal yang berfungsi juga membilas usus besar sehingga terhindar dari  rasa sembelit.


•    Jagalah kebersihan



Jaga kebersihan tangan dan makanan dari kuman yang merugikan bila Anda tidak ingin mengalami masalah pencernaan. Pada umumnya, penyakit terjadi karena kurangnya kebersihan makanan dan minuman dan bersumber dari sistem pencernaan tubuh.

Sistem pencernaan manusia sangat erat  berkaitan dengan organ penting lainnya untuk itu menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat akan mendukung daya tahan tubuh kuat. (Diah/Inggrid ).

Artikel Rekomendasi : Jangan "Berlebihan" Saat Menyantap Makanan