Tampil Maksimal Menjelang Hari Kemenangan

Tampil Maksimal Menjelang Hari Kemenangan
Hallo mitra K-LINK di seluruh Indonesia! Berjumpa kembali ya kita dengan artikel dan tips kesehatan, sebelumnya bagaimana dengan ibadah puasa Anda? Semoga tetap lancar ya hingga nanti di hari kemenangan yaitu Idul fitri. Sebelum membahas hari raya Idul fitri, kita masih akan membahas tentang ibadah puasa bulan Ramadhan yang berkaitan dengan kesehatan.

Siapa diantara kita saat bulan Ramadhan justru berat badannya semakin naik dan perutnya semakin membuncit? Hayo, ngaku! Wah tentu hal itu akan membuat kita tidak nyaman ya, bukan hanya penampilan saat hari raya saja yang tidak oke untuk kesehatan pun juga ternyata tidak baik, loh!

Baca juga: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan


Mengapa puasa kok malah buncit dan BB (Berat Badan) naik?



Fenomena balas dendam ditambah dengan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbukalah yang menjadi salah satu pencetus utama penyebab BB naik dan perut semakin membuncit.

Hampir 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan pada saat berbuka puasa menjadi ajang untuk membalas dendam sehingga semua jenis makanan mulai dari gorengan, minuman manis sampai mengonsumsi makanan berat seperti nasi dan lauknya dilakukan terus menerus selama kurang lebih 30 hari.

Ditambah dengan tidak adanya aktivitas olahraga saat bulan puasa inilah yang menjadikan tubuh menjadi bermasalah, salah satunya yang menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan.

Selain faktor diatas, terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi kegemukan atau obesitas, yaitu:

1.    Faktor genesis (gen)
2.    Faktor hormonal
3.    Sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula dan lemak
4.    Kurang berolahraga
5.    Kurang makan buah dan sayur
6.    Gaya hidup yang tidak sehat
7.    Mengonsumsi obat-obatan sarat alkohol

Bagaimana agar terhindar dari perut buncit selama puasa Ramadhan?



Dr. Phaidon L. Toruan menyebutkan, “Seorang yang cenderung menjalani hidup sehat maka akan memiliki berat badan stabil bahkan cenderung terhindar dari obesitas.” Pernyataan ini juga berlaku saat kita menjalankan ibadah puasa, karena itu Anda harus tetap melakukan pola hidup yang sehat.

Terdapat beberapa tips untuk menghindari kenaikan berat badan dan perut buncit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, diantaranya:

-    Penuhi konsumsi makanan sehat (mengandung karbohidrat, protein dan serat) separuhnya saja
-    Menghindari makanan berlemak, seperti gorengan
-    Kurangi porsi makanan saat berbuka puasa
-    Kurangi makanan berkalori tinggi
-    Memperbanyak minum air putih
-    Olahraga

Jangan sampai kita membiarkan kenaikan berat badan/ obesitas ini terjadi, ya mitra K-LINK, karena seperti yang kita ketahui dampaknya bisa kemana-mana bahkan hingga menyebabkan penyakit kronis sekalipun.

Penyakit apa yang bisa muncul atau dampak buruk lainnya yang bisa terjadi akan kita bahas pada artikel minggu depan, ya!

Terus simak dan nantikan tips kesehatan dari kita, sampai jumpa dan salam sehat mitra K-LINK di seluruh Indonesia. K-LINK solusi hidupmu! (Angga/Marini)

Artikel Rekomendasi : Kenali Sakit di Bagian Pinggang