Tetap Penuhi Gizi Selama Berpuasa

Tetap Penuhi Gizi Selama Berpuasa
Halo mitra K-LINK di seluruh Indonesia, pertama-tama kami ingin mengucapkan Marhaban ya Ramadhan, tidak terasa kita akan memasuki bulan yang paling mulia yaitu bulan Ramadhan. Bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh kita semua umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini kebaikan akan dihitung berkali-kali lipat pahalanya, termasuk ibadah wajib yang harus di jalankan selama bulan Ramadhan yaitu berpuasa.

Jangan sampai puasa kurang maksimal hanya karena kendala-kendala yang dibuat oleh kita sendiri yaitu masalah kesehatan yang menurun atau sakit.

Berpuasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi kita umat muslim. Selain menjalankan ibadah, berpuasa juga bagus loh untuk kesehatan kita.

Jika kita menjalankan ibadah puasa dengan benar, maka kita akan mendapatkan kebaikan dan kesehatan. Sayangnya banyak dari kita malah mengeluh akan kesehatan saat menjalankan ibadah puasa, seperti :

Kenapa berat badan menjadi lebih naik? Kenapa turun drastis? Kenapa menjadi sakit flu dan batuk?

Mengapa bisa demikian?

Ya, hal tersebut dapat terjadi karena terdapat perubahan kebiasaan waktu makan, jam istirahat, jam aktivitas, porsi makan yang tidak teratur, kurang olahraga, sampai dengan sumber makanan yang tidak tepat.


Baca juga: Pineapple Milkshake

Saat berpuasa seharian selama hampir 12 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan, sedangkan untuk aktivitas kita masih terus berjalan sehingga mengakibatkan tubuh kita menjadi lemas dan lesu.

Untuk itu jenis makanan yang kita makan saat sahur dan berbuka puasa menjadi penentu kesehatan kita selama bulan puasa.

Pilih jenis makanan saat sahur dan berbuka puasa yang banyak mengandung nutrisi baik, agar tidak muncul ganguan kesehatan dikarenakan kebiasaan kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat (berlemak seperti santan, gorengan dan terlalu banyak minuman manis saat berbuka).

Apa sih manfaatnya nutrisi untuk tubuh selama berpuasa itu?
Nutrisi berfungsi untuk menjaga metabolisme dalam tubuh karena di dalam nutrisi terdapat zat dan hal-hal penting untuk diserap tubuh. Fungsi organ bagian dalam tubuh selama berpuasa juga akan tetap terjaga jika pemenuhan akan nutrisi tersebut stabil. Adapun manfaat nutrisi yang lainnya adalah:

-    Sebagai sumber energi, membuat kita masih dapat mengerjakan aktivitas selama bulan puasa
-    Menjaga sistem organ yang ada di dalam tubuh kita sehingga tidak mengalami kerusakan
-    Meningkatkan metabolisme selama berpuasa
-    Energi cadangan
-    Mendukung proses kimia selama berpuasa seperti pembentukan enzim, hormon, dan lainnya
-    Membantu proses pencernaan
-    Menjaga berat badan tetap ideal, melancarkan BAB, dan menjaga kolesterol

Nutrisi bagi kesehatan adalah semacam asupan penting yang terdapat pada makanan yang sering kita konsumsi serta mengandung zat-zat penting seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya. Informasi akan pengertian nutrisi memang perlu kita ketahui agar dapat mengatur pola makanan yang dapat menunjang berbagai aktifitas dan kesehatan kita.

Akan tetapi kebiasaan kita yang tidak memperhatikan jenis makanan saat sahur dan berbuka yang cenderung berminyak dan mengandung tinggi gula ini menimbulkan masalah kesehatan di bulan ramadhan saat menjalankan ibadah puasa. Akibatnya, banyak orang yang tidak maksimal dalam menjalankan ibadah puasanya.

Apa dampaknya jika kita tidak memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh kita selama berpuasa?
Kita akan bahas di artikel minggu depan ya, terus simak artikel kesehatan kita sampai jumpa minggu depan. Salam sehat! (Angga/Marini)

Artikel Rekomendasi : Tips Aman Melakukan Olahraga di Bulan Puasa