Manfaat Berpuasa Untuk Kecantikan Luar dan Dalam

Manfaat Berpuasa Untuk Kecantikan Luar dan Dalam
Minimnya cairan yang masuk saat kita berpuasa pada bulan Ramadhan, cenderung mendatangkan masalah untuk tubuh kita dari segi kecantikan. Biasanya ketika berpuasa, kulit kita menjadi kering, bibir pecah-pecah, bau mulut, tubuh lemas, dan beberapa masalah lainnya. 

Dibalik masalah-masalah tersebut, ternyata berpuasa juga mendatangkan manfaat untuk tubuh kita secara kecantikan, tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam. Dengan berpuasa, tubuh menjadi lebih sehat karena pada saat puasa, tubuh akan mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru. Lalu bagaimana dengan manfaat puasa dari segi kecantikan? Yuk, simak penjelasannya:

1.    Menurunkan Berat Badan



Bagi Anda yang kelebihan berat badan, bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk Anda melakukan program diet sehat. Selain mendapatkan pahala, Anda juga bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Cukup kurangi porsi makan ketika sahur dan berbuka puasa, jangan mengonsumsi makanan pada saat menjelang tidur, dan jangan lupa perhatikan asupan makanan. Walaupun sedang menjalankan program diet, kebutuhan nutrisi juga harus terpenuhi agar tubuh tetap sehat dan kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.


2.    Mempercepat Proses Regenerasi Sel Kulit



Ketika berpuasa, kulit akan terasa kering dan kusam. Tetapi jangan khawatir, karena pada saat berpuasa proses regenerasi sel kulit akan berjalan lebih cepat dari pada biasanya. Meskipun begitu, Anda harus tetap merawat kulit dengan pelembap. Jangan lupa istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan air mineral, dengan begitu proses regenerasi sel kulit akan berjalan dengan maksimal dan Anda pun akan mendapatkan kulit yang cantik meskipun sedang berpuasa.

Baca juga: CANTIK BERAWAL DARI KULIT SEHAT

3.    Mengatasi Masalah Jerawat



Salah satu penyebab jerawat adalah akibat racun tubuh yang tidak bisa dikeluarkan tubuh dengan sempurna atau biasa disebut detoksifikasi. Ketika berpuasa, akan membantu tubuh mengeluarkan racun sehingga masalah jerawat lebih mudah diatasi. Proses regenerasi kulit yang berjalan baik juga dapat menghilangkan bekas jerawat lebih cepat.


4.    Meregenerasi Kuku dan Rambut



Biasanya ketika awal puasa, rambut akan rontok dan kuku terlihat kusam. Rambut baru akan tumbuh lebih baik dan sehat dengan cepat ketika berpuasa. Kuku akan diganti dengan yang lebih sehat dan berkilau alami. Rambut yang rontok merupakan indikasi bahwa tubuh sedang mengalami regenerasi.


5.    Mempercantik Hati



Dengan berpuasa, kita dapat meraih kecantikan luar dan dalam. Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kesempatan yang berharga dalam mendidik hati dan menyempurnakan kecantikan diri. Bersihnya hati tentunya akan membuat kecantikan lebih terpancar, jadi bukan hanya fisiknya saja yang cantik, hatinya juga.

Dari penjelasan diatas, ternyata selain mendapatkan pahala kita juga bisa mendapatkan cantik luar dan dalam dengan berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, ya! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : DIET SEHAT & AMAN DENGAN ORGANIK