Atasi Jerawat Meradang Dengan Air Garam

Atasi Jerawat Meradang Dengan Air Garam
Masalah jerawat sering kali dialami oleh banyak orang, baik laki-laki maupun wanita. Biasanya muncul pada saat pubertas atau pada saat awal menstruasi, jerawat juga meninggalkan bekas luka yang cukup mengganggu. Jerawat merupakan gangguan kulit atau luka pada wajah yang sering muncul pada saat wajah berminyak, dan bisa dipengaruh oleh hormon tubuh. Keberadaannya pada wajah biasanya dapat bertahan hingga sepekan atau lebih. Pada beberapa kasus yang sering terjadi, jerawat yang membandel tidak hanya meninggalkan pemandangan yang kurang enak dilihat, namun juga membuat radang dan cukup menyiksa penderitanya.

Agar jerawat tidak semakin parah dan meradang, sebaiknya diobati sedini mungkin. Terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi  gangguan jerawat menggunakan bahan yang tidak sulit didapat yaitu dengan garam dapur atau NaCl. Garam dapur ternyata mengandung belerang dan potasium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kandungan air dalam kulit wajah  dan membersihkan kotoran guna menghindari tumbuhnya jerawat, mengatasi radang serta infeksi pada wajah. Selain itu, kandungan mineral dalam garam juga mampu menjaga kekenyalan dan kesegaran kulit. Beberapa khasiat dalam air garam untuk mengatasi jerawat meradang, antara lain :

Baca juga: PRODUK SKIN CARE YANG TEPAT UNTUK KULIT BERJERAWAT

•    Mengatasi jerawat membandel, jerawat bernanah dan meradang dengan menggunakan uap air garam. Caranya ambil 2-3 sendok makan garam campur dengan 150 ml air lalu direbus. Saat uap air garam menguap ke atas, pastikan wajah terkena uap garam, sehingga dapat menghilangkan kotoran yang menghambat proses penyembuhan jerawat.

•    Menghilangkan luka jerawat.
Luka bekas jerawat biasanya sangat mengganggu penampilan, namun ada cara menutup luka secara alami yaitu dengan menggunakan 2-3 sdm garam dapur serta dicampur dengan 150 ml air, aduk, kemudian panaskan sebentar tanpa perlu mendidih. Siapkan handuk kecil dan celupkan ke dalam air, tutup wajah dengan handuk, setelah itu dapat dibilas dengan air dingin. Dapat dibantu dengan melakukan pijatan ringan pada wajah dengan air garam yang telah ditambahkan beberapa tetes minyak zaitun, lakukan 2 kali dalam seminggu.

•    Sebagai penyeimbang PH kulit, garam ternyata juga dapat menyeimbangkan PH kulit wajah Anda. Jika PH kulit tidak seimbang, maka bakteri penyebab jerawat sangat mudah untuk mengiritasi kulit. Kegunaan garam akan meningkatkan produksi lapisan terluar pada kulit yang terdiri dari asam amino dan asam lainnya yang bermanfaat untuk melawan bakteri sekaligus penyeimbang PH pada kulit.

•    Mengurangi sebum (zat berminyak). Garam mengandung suatu nutrisi yang dinamakan zinc atau seng. Senyawa ini memiliki manfaat untuk mengontrol produksi sebum pada kulit Anda secara alami tanpa efek samping sehingga akan menekan produksi sebum di kulit Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

Inilah berbagai macam manfaat garam untuk permasalahan pada wajah terutama jerawat. Jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian penuh pada malam hari serta mempraktikkan pola makan dan pola hidup sehat, agar terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat! (Diah/Marini)

Artikel Rekomendasi : Bahaya Buang Air Besar Berdarah