Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Merawat Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
Memiliki rambut yang sehat dan indah adalah impian semua orang. Apakah rambut lurus, keriting maupun ikal bergelombang, kesehatan rambut tetap harus dijaga.  Selain menjaga tubuh, rambut pun memerlukan perhatian dan perawatan,  terutama pada bagian kulit kepala. Terkadang pada kulit kepala sering terkena iritasi yang ditandai dengan gatal, kering dan mengelupas serta berketombe. Hal ini biasanya disebabkan karena produk perawatan rambut yang tidak sesuai. Banyak kaum wanita melakukan kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak kesehatan rambut seperti mewarnai rambut, pengunaan hair serum, pengering rambut, serta mencatok yang dapat membuat rambut kering, pecah- pecah dan bercabang.

Selain beberapa hal di atas, ternyata alergi pada penggunaan produk perawatan rambut selain shampo juga dapat memicu kulit kepala menjadi gatal. Antara lain seperti pengunaan hair spray, karena secara perlahan memberi sensasi rambut seperti tertarik sehingga kulit di kepala terasa gatal. Pada umumnya penyebab terjadinya kulit kepala terasa gatal adalah ketombe yang dipicu oleh jamur yang tumbuh berlebih, dan menyebabkan timbulnya minyak serta menumpuknya sel-sel mati di kulit kepala. Inilah yang mendorong pengelupasan kulit kepala sehingga banyak serpihan kulit kepala karena kulit kepala sensitif pada produk tertentu.

Baca juga: PENTINGNYA TABIR SURYA (SUNBLOCK) SAAT BERAKTIVITAS DI BAWAH SINAR MATAHARI

Kulit kepala yang gatal membuat kita ingin menggaruk terus menerus dan hal ini tentu sangat mengganggu sekali. Untuk kasus seperti ini, sangat disarankan menggunakan shampo yang mengandung selenium, zinc pyrithione, atau tea tree oil. Jika kulit kepala tidak gatal akan tetapi mengelupas, Anda bisa mencoba menggunakan shampo dengan salicylic acid untuk mengurangi perkembangan jamur, atau dapat menggunakan produk shampo dari K-Care Olive Love, yaitu K-Care Olive Love Shampoo.



Penyebab kulit kepala gatal selain karena ketombe dan iritasi adalah indikasi penyakit psoriasis yang memiliki gejala hampir sama dengan ketombe. Kulit kepala juga terasa gatal dan terjadi penumpukan nanah pada kulit kepala, disertai kulit kepala yang memerah dan sakit serta rambut mudah rontok.  Psoriasis terkait dengan genetik, dan cenderung turun-temurun karena sekitar 30% dari keluarga yang menderita psoriasis memiliki kondisi yang sama. Untuk itu kenali penyebab kulit kepala Anda sebelum melakukan perawatan sehingga dapat dilakukan pemilihan dan pemakaian produk yang tepat untuk rambut Anda. Selain itu ada beberapa tips yang mudah dan singkat untuk menghilangkan gatal di kulit kepala yaitu;

•    Menjaga kebersihan kulit kepala. Bersihkan kulit kepala dan rambut dengan shampo (keramas). Pilihlah shampo yang kandungan kimianya rendah, atau lebih aman dan efektif melakukan perawatan dengan produk-produk herbal.
•    Hindari penggunaan air bersuhu hangat untuk untuk keramas karena memicu rasa gatal  pada kulit kepala, oleh sebab itu air dingin lebih aman digunakan.
•    Hindari panas matahari langsung ke kepala. Gunakan payung, topi, atau kerudung untuk melindungi, sebab panas matahari dapat menyebabkan kulit kepala berkeringat, dengan begitu jamur penyebab ketombe akan mudah berkembang biak.
•    Rawatlah rambut dan kulit kepala dengan melakukan perawatan masker rambut dua minggu sekali. Gunakan air perasan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan ketombe, oleskan perasan jeruk ke kulit kepala sebagai masker alami. Selamat mencoba! (Diah/Marini)

Artikel Rekomendasi : MASKER WAJAH BUATAN SENDIRI