Jaga Tekanan Darah Dengan Minyak Zaitun

Jaga Tekanan Darah Dengan Minyak Zaitun
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu momok yang menakutkan di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, hipertensi di Indonesia sekitar 25,8%, dimana penderita laki-laki sebanyak 22,8% dan perempuan sebanyak 28,8%. Untuk mengurangi dampak buruk yang terjadi akibat tekanan darah tinggi, bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan cara yang mudah yaitu melalui konsumsi minyak zaitun.

Tekanan darah merupakan tekanan yang dihasilkan oleh pompa jantung untuk menggerakan darah ke seluruh tubuh. Darah membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu kondisi tekanan darah tidak terkontrol yang paling umum. Kondisi ini mengacu pada keadaan dimana darah dipompa keseluruh tubuh pada tekanan tinggi di dalam pembuluh arteri.

Secara umum hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap Stroke, Gagal Jantung, Serangan Jantung dan juga Kerusakan Ginjal.

Tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring diastolik, pada setiap detak jantung, tekanan darah bisa berkisar antara maksimum (sistolik) dan minimum (diastolik). Tekanan sistolik adalah jumlah yang diukur dalam setiap detak jantung, ketika jantung berkontraksi dan mendorong darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Angka tekanan darah sistolik yang normal adalah sekitar 120 mmHg kebawah, sedangkan tekanan sistolik angka 140 mmHg keatas dianggap sebagai hipertensi. Sedangkan tekanan diastolik adalah jumlah angka yang menunjukkan tekanan darah didalam arteri saat jantung tidak sedang berdegup diantara setiap detak jantung. Angka tekanan diastolik yang normal adalah 80 aatau kebawah, sedangkan angka diastolik 90 atau lebih tinggi dianggap sebagai hipertensi.

Baca juga : Wow Minyak Zaitun Ternyata Bisa Memperindah Mata



Satu dari empat orang dapat menderita hipertensi, bahkan pada usia lanjut (lebih dari 65 tahun) menunjukkan satu dari dua orang menderita hipertensi, artinya satu dari dua lansia beresiko tinggi terkena stroke, Penyakit Jantung dan Gagal ginjal bila tidak terdeteksi dini dan tidak terobati hipertensinya.

Untuk menjaga agar tekanan darah tetap terkontrol, perhatikan pola makan dan pola hidup yang sehat, salah satu cara adalah dengan mengganti seluruh konsumsi lemak tidak sehat dengan lemak sehat, salah satu lemak sehat terbaik yang dapat dikonsumsi adalah minyak zaitun.



Minyak zaitun merupakan salah satu lemak nabati terbaik yang tidak hanya menyehatkan namun juga memiliki aroma dan rasa yang khas. Minyak zaitun mengandung lemak tidak jenuh yang tinggi yang sangat baik bagi kesehatan otak, jantung dan pembuluh darah. Salah satu kandungan utamanya adalah asam oleat, asam oleat terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol, LDL (lemak jahat), dan trigliserida serta mampu secara bertahap meningkatkan kadar HDL (lemak baik) sehingga aliran darah di pembuluh arteri tetap bersih dan lancar, akibatnya adalah tekanan yang harus dikeluarkan oleh jantung untuk memompa darah menjadi tidak besar. Selain itu minyak zaitun juga akan membantu meningkatkan kemampuan pelebaran pembuluh darah dimana hal ini sangat berperan dalam proses terjadinya penurunan tekanan darah.

Konsumsi secara teratur 2 hingga 3 kali sehari minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan, akan mampu menjadi pelindung jantung, otak dan pembuluh darah serta akan menjaga tekanan darah tetap dalam keadaan optimal. Yu, jaga tekanan darah Anda mulai dari sekarang. (Abdul Jabbar/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Pencernaan Sehat Dengan Minyak Zaitun