Tidak Hanya Melansingkan, Yogurt Juga Dapat Mengatasi Keputihan, loh!

Tidak Hanya Melansingkan, Yogurt Juga Dapat Mengatasi Keputihan, loh!
Siapa yang tidak kenal dengan yogurt? Pasti Anda pernah mencoba minuman yang satu ini, bukan? Olahan susu yang diproses dengan fermentasi oleh bakteri lactobacillus dan streptococcus thermophilus ini sangat erat kaitannya dengan pencernaan. Tidak hanya itu, yogurt kini juga banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Bila Anda mengonsumsi yogurt setiap hari akan banyak khasiat yang Anda rasakan. Salah satunya bagi kaum wanita dapat membantu program diet menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot pada tubuh serta dapat menjaga kulit wajah agar selalu sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Selain membantu sistem pencernaan, bakteri yang terdapat pada yogurt dapat mengontrol tingkat keasaman lambung dan usus. Bakteri sehat tersebut dapat mencegah berbagai penyakit pencernaan seperti konstipasi dan diare. Selain itu, tingkat keasaman yang rendah pada yogurt membantu menyeimbangkan PH di dalam tubuh. PH tubuh yang seimbang dapat membantu menyerap lebih banyak mineral, seperti magnesium, kalsium, seng dan zat besi sehingga memperlancar sistem pencernaan Anda.

Kandungan lain pada yogurt yang sangat bermanfaat adalah probiotik yang bermanfaat  untuk menangkal berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh, dimana probiotik ini bertugas untuk menghancurkan bakteri dan jamur yang membuat kita sakit. Selain itu, probiotik dikenal juga dapat menurunkan alergi, mencegah tumor, dan meningkatkan jumlah sel sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, bakteri sehat probiotik juga dapat menghasilkan neurotransmitter dan asam amino yang dapat menyehatkan sel otak serta meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Masalah Keputihan

Kandungan vitamin yang terdapat dalam yogurt sendiri lebih banyak dibandingkan susu jenis biasa, seperti vitamin B3, B12, beta-karoten, fosfor dan selenium. Selain itu, yogurt juga dapat memproduksi energi, menjaga sistem syaraf agar tetap sehat dan memastikan otak bekerja dengan baik, serta dapat menjaga kesehatan mata, kulit, juga menangkal infeksi pada tubuh.

Bagi para wanita khususnya, ternyata yogurt pun sangat bagus untuk kesehatan reproduksi. Menurut National Institutes of Health’s Medline Plus, sebagian besar wanita pernah menderita candidiasis, atau infeksi jamur ragi berupa infeksi yang menyerang vulva atau vagina, dan tak jarang kondisi ini membuat wanita merasakan gatal pada Miss V. Infeksi ini dapat ditangani dengan cara rajin mengonsumsi makanan atau minuman kaya probiotik seperti yogurt, yang dapat menyehatkan Miss V dan menstabilkan PH sehingga dapat mengendalikan keputihan yang tidak normal.

Bagi para ibu hamil dan menyusui, ternyata yogurt juga sangat bermanfaat. Banyak ibu hamil yang meragukan yogurt tidak aman dikonsumsi karena yogurt terbuat dari susu fermentasi dan ada alkohol didalamnya. Pada dasarnya yogurt sangat aman untuk dikonsumsi, karena sehat untuk ibu hamil. Mengapa demikian? Yogurt adalah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap cup yogurt terdapat sekitar 5 UI vitamin D, sementara pada setiap cup yogurt tanpa lemak ditemukan sekitar 256 mg kalsium. Keduanya sangat dibutuhkan ibu hamil, dimana kekurangan kalsium bagi ibu hamil dapat memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan giginya. Kalsium bagi ibu hamil juga membantu menyerap nutrisi yang penting untuk tulang sehingga terhindar dari oesteoporosis serta penting untuk pertumbuhan tulang pada janin.

Nah bagi para ibu yang sedang hamil muda, yogurt pun bisa menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan, karena setiap satu cup yogurt mengandung 18 mcg folat. Asupan asam folat sangat penting bagi ibu hamil terutama saat masuk trimester pertama, karena dapat mencegah cacat tabung syaraf pada bayi.

Itulah manfaat besar yogurt bagi kesehatan dan kecantikan. Pilihlah produk yogurt berkualitas terbaik yang telah melewati proses fakturisasi untuk menghilangkan bakteri buruk dan proses inkubasi untuk memasukan bakteri baik serta tahap akhir berupa fermentasi. Jangan memilih yogurt yang murah dan merk terlihat asing serta banyak mengandung gula. Dengan mengonsumsi satu cup yogurt setiap hari, akan sangat membantu bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba! (Diah/Marini)

Artikel Rekomendasi : Tips Agar Cepat Hamil Setelah Menikah