Lidah Menjadi Hitam ? Jangan Abaikan

Lidah Menjadi Hitam ? Jangan Abaikan
Lidah menjadi salah satu bagian indera yang memperlihatkan kesehatan tubuh, karena perubahan warna lidah ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh kita. Itu sebabnya, tidak jarang saat memeriksakan diri ke dokter, dokter akan meminta kita untuk membuka lidah. Nah, sekarang cek lidah Anda, apabila memiliki warna lidah lebih gelap cenderung hitam, maka jangan pernah abaikan.

Lidah merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia, yang merupakan alat indra pengecap. Jika diamati di depan cermin, permukaan lidah akan tampak kasar. Di bagian yang kasar itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah dapat merasakan empat macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa bagian lidah terdapat daerah yang peka rasa. Lidah berguna dalam merasakan rasa makanan. Jika lidah mengalami gangguan, maka Anda tidak akan dapat merasakan lezatnya suatu makanan. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan lidah. Misalnya, jangan konsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Lidah pada umumnya berwana pink, namun pada beberapa kondisi tertentu lidah bisa berubah warna, dan perubahan warna ini bisa menunjukan kondisi tubuh kita. Salah satu yang harus diwaspadai adalah jika lidah berubah warna menjadi hitam, hal ini umumnya diakibatkan karena pertumbuhan bakteri berlebih pada mulut yang menempel di papila lidah sehingga menimbulkan lapisan berwarna kehitaman, selain itu ada juga yang dapat menyebabkan terjadinya lidah hitam antara lain :
1.    Higiene mulut yang kurang
2.    Efek makanan tertentu yang mengandung pewarna kehitaman
3.    Pertumbuhan bakteri berlebih akibat konsumsi antibiotik lama
4.    Penggunaan obat kumur berlebihan
5.    Akibat tembakau

Baca Juga    : Kalsium Berperan Pada Kesehatan Gigi Anda




Penanganan yang bisa diberikan untuk menghilangkan lapisan kehitaman tersebut adalah dengan menyikat  gigi dan lidah Anda dengan menggunakan pasta gigi K-Mu’min. Hal ini dikarenakan K-Mu’min merupakan pasta gigi herbal alami yang mengandung bahan aktif ekstrak asli akar sugi pertama di dunia, minyak cengkeh dan ekstrak lemon alami. Kandungan salvadorine di dalam ekstrak siwak mampu bekerja sebagai anti mikroba yang dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri di lidah. K-Mu’min dapat digunakan 2 kali dalam satu sehari yaitu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Produk ini juga aman digunakan juga untuk anak-anak. (Jabbar/Inggrid)

 Artikel Rekomendasi : Jangan Abaikan Gigi Sensitif