Pijatan Pada Payudara Ternyata Dapat Mencegah Kanker Payudara, Lho!

Pijatan Pada Payudara Ternyata Dapat Mencegah Kanker Payudara, Lho!
Setiap wanita pasti memiliki ketakutan akan terserang kanker payudara, karena setiap wanita memiliki resiko besar dan lebih rentan daripada laki-laki untuk menderita penyakit pembunuh wanita nomor 1 di dunia ini selain kanker rahim. Banyak cara dilakukan kaum hawa untuk terhindar dari penyakit mengerikan ini, mulai dari bergaya hidup sehat, menjaga pola makan, rutin berolahraga, menghindari stres bahkan mengonsumsi suplemen-suplemen kesehatan dan antioksidan yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.    

Namun ternyata hal yang kita pikir sepele untuk dilakukan setiap hari, seperti pemijatan payudara juga dipercaya dapat menghindarkan kita dari penyakit yang ditakuti kaum hawa tersebut.

Sudah tahu caranya?
Pada gambar di bawah ini kami informasikan cara yang tepat untuk memijat payudara Anda.




Salah satu teori menyimpulkan bahwa penyebab kanker payudara adalah adanya racun dalam tubuh-yang melewati sistem limfatik dan pembuluh darah di sekitar payudara- tidak dibuang dengan baik akibat sirkulasi darah yang tidak lancar. Selain itu, buruknya sirkulasi darah menyebabkan nutrisi yang baik tidak dapat mencapai sel-sel target sehingga sel-sel di payudara tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Baca Juga    : Ini Gejala Kanker Payudara yang Wajib Anda Ketahui

Disinilah letak fungsi melakukan pemijatan payudara. Lewat pemijatan ini, kita dapat memperbaiki sistem sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga pengeluaran zat-zat racun pada payudara dapat dibuang dengan lancar serta pendistribusian oksigen dan nutrisi ke jaringan payudara menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pemijatan payudara:

•    Bentuk Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Payudara (SADARI/Periksa Payudara Sendiri)
Teknik SADARI adalah salah satu teknik pemijatan payudara untuk mendeteksi secara dini tanda-tanda gejala kanker payudara. Yang perlu diperhatikan pada saat SADARI adalah tidak adanya benjolan asing, perubahan bentuk payudara, nyeri di bagian sekitar payudara, perubahan tekstur kulit payudara, peradangan atau keluarnya nanah pada puting payudara.

Waktu yang ideal untuk melakukan tehnik SADARI adalah hari ke-7 sampai ke-10 dihitung dari hari pertama menstruasi.Bila mengalami salah satu dari gejala kanker payudara tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan.

•    Menjaga Bentuk Payudara

Payudara dibentuk oleh jaringan ikat dan jaringan lemak serta disokong oleh otot yang dapat mengalami perubahan bentuk dan kendur yang disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk mempertahankan bentuknya agar tetap indah dan sehat.  Pemijatan payudara berfungsi untuk merangsang sirkulasi yang dibutuhkan untuk mempertahankan jaringan payudara tetap sehat, serta memperkuat ketahanan jaringan otot dan membangun ketahanan ligamen sekitar payudara sebagai penyokong payudara agar payudara tetap kencang dan menarik.

•    Manfaat Kesehatan

Pemijatan pada payudara sangat dibutuhkan untuk memperlancar sirkulasi darah dan sistem limfatik di sekitar payudara, sehingga zat-zat racun dalam tubuh dapat dibuang dan penyaluran oksigen dan nutrisi pada payudara berjalan dengan lancar.

•    Manfaat Terapi
Pemijatan memang dipercaya sebagai terapi nyeri. Begitupun nyeri pada payudara, yang berkaitan dengan jaringan parut. Pemijatan payudara dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan di payudara serta melemaskan kekakuan dan ketegangan ligamen di sekitar payudara.

•    Memperlancar ASI (Air Susu Ibu)
Pemijatan payudara saat ibu hamil, bertujuan untuk menguatkan dan melenturkan puting susu dan merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga bisa memproduksi ASI yang banyak dan lancar. Pemijatan bisa dimulai setelah usia kehamilan 7 bulan. Juga dapat dilakukan pada saat setelah melahirkan untuk memperlancar keluarnya ASI dan menambah volume ASI serta mencegah pembengkakan payudara.

Hingga saat ini memang belum ada cara yang benar-benar ampuh bisa mencegah dan mengobati kanker payudara. Para peneliti masih terus berupaya mengembangkan berbagai cara agar harapan hidup para penderita kanker ini semakin tinggi.

Namun tidak ada salahnya kita memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik dan selalu berusaha untuk hidup sehat dan teratur agar terhindar dari penyakit yang berbahaya ini. Yuk, mulai lakukan pemijatan payudara secara rutin, ladies! (Trisna/Marini)

Artikel Rekomendasi    : Rawat Payudara Agar Kencang Secara Alami