4 Cara Terhindar Dari Masalah Mata Lelah

4 Cara Terhindar Dari Masalah Mata Lelah
Bagi Anda para pekerja kantoran yang berada di belakang meja tentunya sering berhadapan dengan komputer selama lebih dari 4 jam setiap harinya. Tidak hanya itu saja, kebiasaan membaca melalui gadget ataupun bermain video game menggunakan gadget juga dapat membuat mata Anda mengalami kelelahan, sehingga berakibat mata menjadi merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Bila Anda membiarkan saja kondisi ini tanpa ada perhatian dan tindakan lebih lanjut, maka hal ini tidak hanya berisiko untuk kesehatan mata Anda, namun juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda.

Meski terkadang mata menjadi lelah karena kebiasaan di atas, namun kebanyakan orang baru akan ke dokter jika masalah pada matanya sudah berubah menjadi kondisi yang serius. Untuk itu agar Anda tidak perlu ke dokter, mari lakukan tips pencegahan berikut ini agar terhindar dari mata lelah:

1. Jaga jarak mata Anda dengan layar



Atur agar mata Anda tetap nyaman, jaga jarak mata Anda dengan layar minimal 30 cm. Dengan demikian, mata Anda tidak terlalu tegang serta biasakan untuk berkedip lebih sering sehingga mata Anda tidak kering dan selalu terjaga kelembapannya.

Baca Juga : Wow Minyak Zaitun Ternyata Bisa Memperindah Mata


2. Memberi waktu untuk mengistirahatkan mata



Jika memang pekerjaan Anda menuntut untuk menggunakan layar komputer atau laptop dalam waktu lama, maka luangkan waktu selama 15 sampai dengan 20 menit setiap 2 jam sekali agar mata dapat beristirahat.


3. Obat tetes mata



Pergunakan obat tetes mata bila perlu untuk membuat mata nyaman dan melembapkan mata Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat tetes mata ini tidak diperkenankan untuk jangka waktu yang lama. Konsultasikan dengan dokter mata Anda.


4. Pencahayaan



Pastikan pencahayaan di ruangan tempat Anda bekerja dengan komputer/laptop tidak terlalu terang ataupun terlalu redup karena pada ruangan yang pencahayaan terlalu terang akan membuat mata silau. Sementara jika terlalu gelap, maka layar monitor atau gadget Anda akan memberikan cahaya yang berlebih. Untuk itu jangan lupa aktifkan fitur automatic brightness pada gadget.

Karena itu, mari kita ambil langkah pencegahan dengan melakukan tips di atas agar mata Anda tetap sehat dan tidak terlalu lelah. Bila perlu, saat mata Anda mulai terasa tidak nyaman, segera lakukan pemeriksaan minimal setahun sekali untuk mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak pada mata Anda. (Sahid/Marini)

Artikel Rekomendasi : Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan K-Ion Spec