4 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh

4 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Pada Tubuh
Agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan seperti peradangan lambung, diare, sembelit maupun serangan maag, perlu dilakukan beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Semua makhluk hidup membutuhkan sistem pencernaan untuk menguraikan makanan yang dikonsumsi agar dapat diolah menjadi sumber energi. Pencernaan sendiri merupakan sistem organ dalam manusia yang menerima makanan, kemudian dicerna menjadi energi dan nutrien, hingga akhirnya dikeluarkanlah sisa proses tersebut melalui anus. Sementara sistem pencernaan berfungsi untuk mengambil makanan, menghancurkannya menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil untuk dapat diserap darah kemudian dilakukanlah proses pembersihan tubuh dari sisa pencernaan tersebut.

Adapun saluran pencernaan memiliki bentuk berupa tabung yang dikelilingi oleh otot.  Sementara organ pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, serta usus besar dimana sisa makanan akan dibuang melalui anus. Selain itu, ada organ pencernaan tambahan yang berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan proses kerjanya. Antara lain gigi, lidah, kelenjar ludah, hati, dan pankreas yang berfungsi untuk memecah bahan makanan.

Mengingat pentingnya sistem pencernaan ini, kita perlu menjaganya dengan baik karena bila salah satu bagiannya saja mengalami gangguan, maka akan berdampak ke seluruh organ tubuh lainnya.

Baca juga : Manfaat minum kopi bagi kesehatan


Lalu gangguan apa yang umumnya terjadi pada sistem pencernaan kita? Terdapat berbagai  faktor penyebab gangguan tersebut, diantaranya paling sering terjadi karena makanan yang dikonsumsi kurang baik dari segi kebersihan dan kesehatan, pola makan yang tidak tepat, ketidakseimbangan nutrisi, adanya infeksi dan kelainan organ pencernaan. Pada umumnya yang sering terjadi adalah beberapa gangguan pada sistem pencernaan di bawah ini, antara lain :

1.    Gastritis
, yaitu peradangan akut atau kronis pada lapisan lendir dinding lambung, akibat makanan yang dikonsumsi mengandung kuman dan bisa juga karena kadar asam klorida (HCL ) yang tinggi pada lambung.

2.    Diare, dapat terjadi karena iritasi pada selaput dinding usus besar/kolon karena penderita memakan makanan yang mengandung bakteri/ kuman. Akibatnya, laju makanan meningkat dan tak dapat menyerap air sehingga feses yang dikeluarkan akan bercampur darah/ nanah. Gangguan ini disebut juga dengan penyakit disentri dengan gejala perut terasa mulas.

3.    Sembelit atau konstipasi, dimana seseorang mengalami gejala feses mengeras sehingga susah dikeluarkan. Penyebabnya adalah adanya penyerapan air pada sisa makanan yang mengakibatkan feses kekurangan air dan menjadi keras. Biasanya hal ini terjadi karena kebiasaan buruk suka menunda buang air besar.

4.    Maag,
yaitu meningkatnya kadar asam lambung yang dipicu oleh stres dan pola makan yang tidak teratur, biasanya memiliki ciri rasa perih pada dinding lambung, mual, muntah, dan perut kembung.

Selain keempat gangguan masalah sistem pencernaan di atas, masih banyak lagi gangguan lainnya. Guna terhindar dari berbagai gangguan sistem pencernaan di atas, mari lakukan langkah-langkah pencegahannya. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan yang dapat kita lakukan dalam keseharian sebagai berikut :

1.    Rutin berolahraga



Olah raga rutin, dapat membantu memperlancar peredaran makanan dalam sistem pencernaan, sehingga mengurangi risiko sembelit dan terjadinya penumpukan sisa makanan dalam tubuh yang akan mengendap menjadi  lemak.


2.  Stop makanan berlemak



Batasi makanan yang mengandung lemak, karena lemak pada umumnya cenderung memperlambat proses kerja sistem pencernaan. Agar buang air besar lebih teratur, perbanyak minum air putih dan konsumsi suplemen K-Ayurveda Ayulax yang dapat membantu meringankan konstipasi (sulit buang air besar) serta memudahkan pengeluaran feses.

3.    Konsumsi serat



Kekurangan serat dapat mengakibatkan sulit buang air besar (sembelit). Serat dapat berupa biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan. Mengingat makanan yang kita makan setiap hari belum tentu memenuhi gizi serta serat dalam tubuh, maka agar kerja sistem pencernaan tidak terganggu, tambahkan asupan suplemen yang alami seperti jus, agar- agar  atau dengan meminum Organic K-BioGreen yang mengandung 58 ekstrak tumbuhan dan biji-bijian yang bekerja untuk mendetoks tubuh dari toksin, melancarkan BAB (Buang Air Besar), dan membantu menjaga berat badan selalu ideal.

4.    Makan teratur sesuai jadwal



Makan teratur sesuai jadwal, bisa membantu menjaga kesehatan sistem kerja tubuh apalagi bila ditambah dengan minuman K-Liquid Chlorophyll yang kaya akan zat hijau daun dari tumbuhan Alfalfa dimana 1 sendoknya setara dengan mengonsumsi 1 kg sayuran. Untuk hasil yang optimal, konsumsi pada pagi dan sore hari.


Buatlah keempat hal di atas menjadi kebiasaan Anda agar sistem pencernaan Anda dapat selalu terjaga kesehatannya sehingga terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Salam sehat dan tetap semangat selalu, ya! (Diah/Marini)

Artikel rekomendasi: Pencernaan Lancar Kesehatan Normal