Omega 3 dan Omega 9 Sehatkan Jantung Dengan Optimal

Omega 3 dan Omega 9  Sehatkan Jantung Dengan Optimal
Lemak atau minyak merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan. Lalu seperti apa lemak yang baik untuk kesehatan jantung?

Beberapa hal yang mempengaruhi sifat-sifat minyak adalah asam lemak penyusunnya, yaitu asam lemak jenuh (saturated fatty acid/SFA) dan asam lemak tak jenuh (unsaturated fatty acid/UFA).

Asam lemak tak jenuh terdiri atas mono-unsaturated fatty acid (MUFA) dan poly-unsaturated fatty acid (PUFA) atau high unsaturated fatty acid. Para ahli biokimia dan ahli gizi lebih mengenalnya dengan sebutan asam lemak tak jenuh Omega 3, Omega 6 dan Omega 9.

Baca Juga : Cermat Memilih Omega 3

Makan (diet sehat) erat kaitannya dengan diet jantung sehat. Hal ini disebabkan oleh isu penyakit jantung koroner (PJK) yang merupakan salah satu penyebab kematian peringkat atas di Indonesia. Pasalnya penyakit jantung banyak kaitannya dengan pangan yang kita konsumsi. Makanan yang sangat erat hubungnnya dengan PJK antara lain serat makanan, protein dan lemak/minyak.

Di antara ketiga faktor tersebut, konsumsi minyak dan lemak merupakan faktor paling dominan dan mendapat perhatian paling luas. Mari kita liat lemak apa saja yang sangat berperan dalam kesehatan jantung kita.

1.    Omega 3

Asam lemak Omega 3 yang terdapat dalam K-Omega Squa Plus merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Jadi, Omega-3 dianggap penting sebagai asam lemak esensial. Omega-3 sendiri terbentuk dari asam lemak Seperti EPA (Eicosapentaenoic Acid), DHA (Docosahexaenoic Acid) dan ALA (A-linolenat). 

Selama ini, asam lemak omega-3 dikenal sebagai lemak sehat yang baik untuk mencegah penyakit jantung, bekerja dengan cara mencegah terjadinya penggumpalan darah, membantu menurunkan kadar koleseterol serta kadar LDL. Penelitian membuktikan bahwa orang Jepang dan orang Eskimo yang tinggal di Greenland, Kutub Utara, sangat kecil menderita penyakit jantung karena mereka banyak mengonsumsi ikan laut yang kaya asam lemak omega-3, selain itu asam lemak omega 3 juga bermanfaat dalam membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, mengurangi depresi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

2.    Omega-9

Asam lemak omega 9 yang terdapat di dalam K-Olive Oil Desert Miracle adalah salah satu jenis MUFA (Oleat) yang memiliki daya perlindungan yang mampu menurunkan LDL kolesterol darah, meningkatkan HDL kolesterol, serta lebih stabil dibandingkan dengan PUFA. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat yang hidup di kawasan Mediteranian yang jarang ditemukan penderita jantung koroner karena tingginya konsumsi Omega 9 dan Omega 3.

Omega-9 terdapat dalam lemak hewan dan minyak nabati, khususnya minyak zaitun. Minyak zaitun banyak diberitakan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, selain karena kandungan asam lemaknya, kandungan polifenolnya yang tinggi juga memilki kemampuan antioksidan, anti peradangan, anti penggumpalan darah, dan anti bakterial seperti asam lemak omega-3.

Dengan mengombinasikan omega 3 dan omega 9 kita akan mendapatkan manfaat terbaik dari kedua asam lemak ini yaitu membantu menurunkan kadar koleseterol, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), menaikkan kadar HDL (kolesterol baik), menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga mampu menjaga nutrisi dan kesehatan jantung secara optimal.

Omega 3 dan omega 9 dapat dikonsumsi bersamaan di pagi dan sore hari untuk mendapatkan perlindungan kesehatan jantung yang optimal. (Angga/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Asam Lemak Omega 3 Hentikan Pemicu Lupus