Waspada Penyakit Menular Lainnya Saat Musim Hujan

Waspada Penyakit Menular Lainnya Saat Musim Hujan
Sudah jadi langganan bila di saat musim hujan, Demam Berdarah Dengue (DBD) merebak dimana-mana. Hampir setiap hari media masa mengungkap penderita hingga korban jiwa akibat DBD ini. Di beberapa kota di Indonesia, bahkan dinyatakan pemerintah sebagai Kejadian Luar Biasa. Praktisi dan institusi kesehatan mulai kerepotan menangani kasus ini. Beberapa rumah sakit sudah tidak dapat lagi menampung pasien DBD bahkan ada ruangan yang beralih fungsi hanya untuk pasien DBD.  Padahal musim hujan masih panjang dengan intensitas hujan paling tinggi diperkirakan pada bulan Maret nanti. 

Sebenarnya bukan hanya DBD yang perlu diwaspadai di saat musim hujan tiba. Semua penyakit menular umumnya akan meningkat kasusnya. Karena itu, kita harus waspada terhadap penyakit menular lainnya.  Beberapa penyakit menular yang wajib diwaspadai karena dapat berakibat fatal antara lain diare dan flu burung. Indonesia sendiri juga sedang disorot dunia internasional karena tingkat kematian akibat flu burung menduduki peringkat tertinggi di dunia. Berdasarkan data WHO, dari 349 kematian akibat flu burung di seluruh dunia sejak 2003 hingga tahun 2012, 155 diantaranya terjadi di Indonesia.


Baca Juga    : Cara Sederhana Cegah Demam Berdarah



Berbagai cara dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit ini seperti memutus jalur perkembangbiakan nyamuk atau hewan pembawa kuman melalui penyemprotan atau penaburan bubuk abate, menguras bak air, menutup bak penampung air, mengubur barang bekas yang dapat menampung air serta menjaga kebersihan diri & lingkungan.





Namun ada hal penting yang sering sekali terlupakan yaitu mensosialisasikan pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Hal ini penting karena daya tahan tubuh yang baik adalah kunci utama untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh serta memusnahkan kuman yang telah berhasil masuk ke dalam tubuh. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka proses kesembuhan dari penyakit juga menjadi lebih cepat.

Sebagai bagian dari langkah pencegahan, penting bagi kita menahan diri untuk tidak membeli makanan di sembarang tempat, mencuci tangan setiap dari luar rumah dan setiap mau makan, mencuci buah sebelum dimakan serta hindari mengonsumsi sayuran mentah.

Selain itu, sangat disarankan juga rutin mengonsumsi suplemen padat gizi penguat daya tahan tubuh untuk melengkapi kekurangan zat gizi yang masuk dari makanan harian kita. Hal ini perlu mengingat kurang bervariasinya makanan yang kita konsumsi, serta pengolahan makanan yang keliru sehingga dapat membuang/merusak kandungan zat gizi yang terkandung di dalamnya. Jadi, mari jaga daya tahan tubuh kita di musim hujan ini dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat! (Jabbar/Marini)

Artikel Rekomendasi : Cara Tepat Tangani Demam Berdarah