Ini Cara Kenali Jenis Kulit Dan Cara Merawatnya

Ini Cara Kenali Jenis Kulit Dan Cara Merawatnya
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, begitu pula dengan cara merawatnya. Mengenali jenis kulit diri sendiri adalah bukti bahwa memang kita peduli dengan kesehatan kulit kita. Lalu sudahkah Anda mengenali jenis kulit wajah Anda untuk tahu cara merawatnya ?

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit apa yang kita miliki, setelah itu baru kita bisa melakukan perawatan sesuai dengan jenis kulit kita. Selain itu jangan lupa untuk membeli produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Berikut adalah beberapa jenis kulit yang dapat Anda ketahui dan cara perawatannya sebagai berikut :

1.    Kulit normal
Jenis kulit ini adalah kulit yang diidamkan semua orang, karena jenis kulit normal adalah jenis kulit yang sangat mudah perawatannya dan tergolong jauh dari masalah wajah. Kelembapan pada kulit normal biasanya seimbang, tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering.

Ciri-ciri kulit normal adalah kulitnya lembut, halus, segar, lembab, pori-pori tidak terlihat, tidak kusam, tidak kering, tidak berminyak, dan berseri-seri.

Beruntung jika Anda memiliki jenis kulit normal, selain perawatannya mudah, Anda juga terhindar dari masalah pada wajah. Meskipun begitu perawatan wajah untuk  kulit normal juga harus tetap dirawat, jika tidak dirawat dengan baik dan benar maka bisa saja kulit yang normal sewaktu-waktu berubah menjadi kulit yang kering atau berminyak, bahkan bermasalah karena pengaruh gaya hidup, cuaca, dan makanan. Untuk jenis kulit normal memang tidak memerlukan perawatan khusus, hanya saja bagi Anda yang memiliki kulit normal harus tetap rutin membersihkan wajah agar kotoran tidak menumpuk, dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab.


2.    Kulit berminyak
Kulit berminyak biasanya dialami pada masa-masa remaja. Penyebab kulit berminyak adalah karena kelenjar minyak sangat produktif sehingga tubuh tidak mampu mengontrol jumlah minyak yang harus dikeluarkan. Bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor, faktor internal misalnya seperti genetik (keturunan) dan pubertas dan faktor eksternal seperti cuaca dan lifestyle (gaya hidup). Meskipun minyak berlebih pada wajah sangat mengganggu, tetapi perawatan wajah berminyak bukan berarti menghilangkan seluruh minyak diwajah, karena kulit tetap memerlukan minyak sebagai alat pelindung alami dari sinar matahari, polusi, dan bahan-bahan kimia yang terkandung pada kosmetik yang kita gunakan. Jadi perawatan yang benar adalah menjaga agar kadar minyak pada wajah tetap seimbang dan pastikan wajah selalu dalam keadaan bersih setelah beraktifitas, karena kotoran dan debu sangat mudah menempel pada kulit berminyak. Dan kulit berminyak sangat rentan berjerawat jika kebersihannya tidak dijaga. Meskipun begitu keuntungan memiliki kulit wajah berminyak adalah membantu menjaga kelembapan kulit sehingga memperlambat timbulnya keriput pada wajah.

Ciri-ciri kulit berminyak yaitu disekitar T-zone (dahi,hidung,dagu) mudah berminyak dan lengket, pori-pori besar sehingga mudah menyerap kotoran, mudah berjerawat, tampak mengkilat dan saat menggunakan make up menjadi mudah luntur.

Untuk merawat kulit berminyak sebaiknya bersihkan wajah dengan baik dan benar, gunakan milk cleanser sebelum menggunakan facial wash. Bersihkan wajah, pagi dan malam hari setelah beraktifitas. Untuk menghilangkan minyak pada wajah disela aktifitas cukup gunakan tisu untuk membersihkan minyaknya. Jangan lupa untuk menggunakan masker (pelindung wajah) ketika beraktifitas di luar ruangan untuk menghindari debu dan kotoran menempel pada wajah. Gunakanlah produk perawatan wajah yang khusus untuk jenis kulit berminyak.


Baca Juga: Produk Herbal Untuk Perawatan Kulit Cantik Dan Sehat


3.    Kulit Kering
Pada kulit kering kelenjar minyak tidak mampu memproduksi minyak dengan baik sehingga mudah terjadi penuaan dini yang ditandai dengan kulit menjadi keriput dan kasar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering seperti faktor genetik, pola makan, lingkungan, dan penyakit kulit. Kelebihan memiliki kulit kering adalah make up dapat menempel lebih lama.

Ciri-ciri kulit kering
adalah terlihat kusam, mudah berkeriput, mudah timbul noda hitam, mudah bersisik, tidak elastis, garis wajah terlihat jelas.

Untuk merawat kulit kering gunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan pelembab seperti aloe vera dan olive oil, perbanyak minum air putih, jangan menggunakan facial wash yang mengandung banyak detergen dan jangan terlalu sering mandi atau mencuci wajah dengan menggunakan air panas.


4.    Kulit Sensitif
Jenis kulit sensitif adalah kondisi kulit yang sangat tipis dan peka terhadap rangsangan. Pembuluh darah kapiler dan ujung saraf pada kulit sensitif terletak sangat dekat dengan permukaan kulit, jika terkena alergi reaksinya pun sangat cepat. Ada beberapa faktor yang dapat memicu reaksi sensitif seperti makanan, kandungan parfum, pewarna pada kosmetik, sinar UV, dan stres.

Jenis kulit ini sangat sulit untuk diamati dengan langsung, untuk mengetahuinya dengan pasti dibutuhkan pengetesan dari dermatolog terlebih dahulu,.

Ciri-ciri kulit sensitif yaitu mudah alergi, tekstur kulit tipis, kulit mudah terlihat kemerahan.

Untuk merawat jenis kulit sensitif cegah dan lindungi kulit agar tidak alergi atau iritasi, gunakan selalu tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV, pastikan memakai pelembab atau produk yang cocok untuk kulit Anda, dan jaga selalu kebersihan wajah.


5.    Kulit Kombinasi
Orang-orang yang tinggal di iklim tropis biasanya memiliki kulit jenis ini. Kulit kombinasi terjadi apabila kadar minyak pada wajah tidak tersebar secara merata, biasanya bagian pipi dan leher lebih kering dan T-zone (dahi,hidung,dagu) lebih berminyak. Ada beberapa macam kulit kombinasi, diantaranya berminyak-normal, berminyak-kering, atau berminyak sensitif.

Ciri-ciri kulit kombinasi adalah pada T-zone produksi minyak sangat aktif, sedangkan area pipi cenderug normal atau kering. Pada T-zone tekstur kulit biasanya terjadi penebalan, sebaliknya pada daerah yang normal atau kering justru lebih tipis.

Perawatan wajah kulit kombinasi juga perlu perawatan yang kombinasi, gunakan produk untuk kulit berminyak pada T-zone dan gunkanan produk untuk kulit kering pada bagian lainnya. Memang sedikit lebih repot, tetapi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik hal itu perlu dilakukan.


6.    Kulit Bermasalah
Kulit bermasalah adalah kondisi dimana kulit mengalami berbagai masalah, ciri kulit bermasalah hampir sama dengan jenis kulit berminyak yaitu pengeluaran minyak berlebih, berjerawat, tekstur dan struktur kulit berbeda.

Untuk perawatan kulit bermasalah harus benar-benar diperhatikan, pembersihannya pun harus teratur. Gunakanlah produk yang cocok untuk wajah Anda dan konsultasilah pada dokter apabila masalah pada kulit wajah Anda berlanjut.
    
Sekarang saatnya mengenali jenis kulit wajah Anda, dan lakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda, pastinya selain menjadikan kulit lebih terawat, kulit pun lebih bersinar dan cerah. (Puput/Inggrid)


Artikel Rekomendasi    : Tips Mencegah Penuaan Kulit Sejak Dini