Waspadai Tubuh Mudah Lelah

Waspadai Tubuh Mudah Lelah
Setelah lelah beraktivitas seharian, umumnya tubuh akan mengirimkan sinyal “lelah” jika dirasa aktivitas yang dilakukan sangat berat. Namun jika tanpa melakukan aktivitas fisik secara berlebihan namun tubuh tetap mudah lelah, itu yang harus diwaspadai, dan jangan pernah anggap remeh.

Lelah bisa diartikan yaitu penat; letih; payah; lesu; tidak bertenaga, atau dapat juga dikatakan bahwa lelah merupakan kondisi tubuh yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Rasa lelah memang normal terjadi dialami oleh seseorang setelah beraktivitas. Penyebabnya pun beragam. Dikatakan oleh dokter dari PT K-Link Indonesia dr. Arief Munandar, bahwa penyebab kelelahan sendiri bermacam-macam, mulai dari usia, gaya hidup, maupun penyakit-penyakit pada organ yang sudah ada didalam tubuh sebelumnya.

Namun yang paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari saat ini, kelelahan terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat seperti konsumsi minuman dan makanan yang tidak tepat seperti kurang bergizi seimbang, sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu kebiasaan merokok, kurang aktif bergerak, olahraga rutin, kurang istirahat dan tidak bisa mengelola stres dengan baik juga menjadi pemicu seseorang mudah alami kelelahan.

“Penting bagi kita untuk tidak mengabaikan gejala kelelahan, gejala-gejala tersebut diantaranya tubuh terasa kurang bertenaga, sering menguap, pusing, tremor yaitu tangan gemetar secara konstan tanpa bisa dikendalikan, berkurangnya konsentrasi, nyeri atau kram pada otot,” tutur dr. Arief.

Tanda-tanda kelelahan merupakan signal yang diberikan oleh tubuh kepada kita bahwa ada yang tidak bekerja dengan baik sehingga kita harus beristirahat dan memperbaikinya. Misalnya karena kadar gula dalam darah kita mulai sedikit dan butuh asupan gula maka tubuh akan memberikan gejala seperti lemas, pusing, berkeringat dingin dan tremor.

Dikatakan dr. Arief bahwa kelelahan yang terus diabaikan bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit. Karena organ tubuh bekerja terlalu keras dan tidak dibantu dengan asupan gizi yang baik, perlahan tapi pasti akan mengalami proses kerusakan dan akan menimbulkan penyakit baru dikemudian hari karena kerusakan pada organ-organ tertentu diantaranya organ hati, otak, jantung, otot rangka. Selain itu kelelahan juga dapat membuat sistem imunitas kita melemah sehingga gampang terkena infeksi.

“Bila kita mengalami gejala-gejala kelelahan segera istirahat dan pulihkan diri, cara paling sederhana adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang bergizi seimbang,” tandasnya.

Adapun asupan yang dikonsumsi juga turut memengaruhi untuk mencegah terjadinya tubuh mudah lelah yaitu makanan yang sifatnya mudah diserap oleh tubuh dan mengandung gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saat itu. Bentuk makanan yang bersifat cairan lebih mudah dan cepat untuk diserap dan beredar ke seluruh tubuh sehingga lebih cepat mengatasi penyebab kelelahan. Sebaliknya makanan yang bersifat padat akan membutuhkan banyak waktu untuk mencernanya sehingga tidak memberikan efek sesegera mungkin.

Baca Juga : Cepat Lelah dan Mengantuk? Mungkin Ini Sebabnya


K-Liquid Organic Spirulina Untuk Kesehatan yang Terjaga




Makanan yang kita konsumsi setiap hari belum tentu mencukupi gizi yang kita perlukan, sehingga dibutuhkan suplemen yang mampu mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita termasuk untuk mencegah terjadinya tubuh yang mudah lelah, salah satunya dengan konsumsi K-Liquid Organic Spirulina

Selain konsumsi makanan yang sifatnya mudah diserap oleh tubuh, untuk atasi tubuh yang mudah lelah ini juga bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen. K-Liquid Organic Spirulina merupakan makanan kesehatan dengan kandungan protein tinggi dan nutrisi yang lengkap seperti Spirulina Organic Murni dan Jus Berry yang membuat rasanya semakin nikmat. Konsumsi 2x1 sachet sehari dengan dicampur air/minuman apa saja, maka kesehatan pun akan terjaga dan pastinya baik untuk stamina tubuh. Konsumsi teratur dan dapatkan sehat dengan cara yang mudah.

Selain membantu mencukupi kecukupan gizi, K-Liquid Organic Spirulina juga berfungsi sebagai :
-    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
-    Memperbaiki masalah pencernaan
-    Membantu papa penderita kencing manis
-    Membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi hipertensi
-    Menurunkan resiko kanker dan tumor
-    Mengurangi efek radiasi

K-Liquid Organic Spirulina merupakan suplemen tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi kita dalam menjaga kesehatan dan aman dikonsumsi bagi Anda yang sangat sibuk dalam pekerjaan sehari-hari.

Selain K-Liquid Organic Spirulina, untuk mencegah terjadinya tubuh yang mudah lelah juga dapat diatasi dengan beberapa produk unggulan K-Link lainnya seperti K-Link Kinotakara, K-Liquid Chlorophyll, K-Omega Squa Plus, Ekstrak Gamat Emulsion dan K-Ayurveda Ayulite.


Tips Cegah Mudah Lelah
Jangan anggap remeh tubuh yang mudah lelah. Itu sebabnya agar badan tetap terjaga bugar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalm mencegah kondisi kelelahan terjadi antara lain :


1. Diet menu seimbang





Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang baik makronutrient (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikronurient (vitamin dan mineral) maka asupan gizi tubuh akan cukup dan terhindar dari kondisi kelelahan. Takar dan ukur asupan gizi sesuai dengan kebutuhan untuk kegiatan sehari-hari.


2. Rutin berolahraga





Olahraga dapat mencegah tubuh mudah mengalami kelelahan. Selain itu, dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kondisi kelelahan. Olahraga yang baik diawali dengan intensitas kecil dan makin lama makin meningkat. Dengan rutin berolahraga aliran darah dalam tubuh akan baik sehingga meningkatkan asupan oksigen dan nutirsi pada otak dan jaringan tubuh yang lain.


3. Istirahat yang cukup






Waktu tidur atau istirahat dalah waktu tubuh utuk mumulihkan diri dan bertumbuh, oleh sebab itu dengan beristirahat teratur dan cukup yaitu 7 sampai 8 jam sehari dapat membantu tubuh terhindar dari kondisi kelelahan.


4. Kelola stres dengan baik





Kondisi stres membuat tubuh banyak kehilangan cairan, kalori, dan elektrolit, sehingga membuat tubuh lebih cepat lelah. Kemampuan seseorang memanajemen stres dengan baik dapat menghindarkan orang tersebut dari kondisi kelelahan.


5. Tidak merokok





Dampak asap rokok salah satunya dapat membuat kekakuan pada pembuluh darah sehingga mengurangi kerja pembuluh darah dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh yang menjadikan tubuh harus bekerja keras dalam mensuplay nutrisi dan oksigen melalui darah.


Artikel Rekomendasi : K- Energy Touch Menjawab Masalah Kelelahan