Masalah Kesehatan Reproduksi

Masalah Kesehatan Reproduksi
Setiap mahluk hidup di dunia baik manusia atau pun hewan memiliki alat reproduksi, namun apa sih pengertian dari reproduksi itu?

Reproduksi
adalah suatu proses pada mahluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Berbicara tentang masalah kesehatan reproduksi adalah berbicara tentang tanggung jawab pada diri sendiri. Mengapa demikian? Merawat kesehatan reproduksi dimulai dari diri sendiri dengan kebiasaan yang baik, diantaranya memperhatikan kebersihan celana  dalam yang memiliki fungsi untuk membungkus organ intim agar aman dari berbagai gangguan serta kebersihan pembalut yang digunakan saat haid bagi para wanita.
    
Pada  zaman globalisasi yang serba instan ini banyak faktor yang mempengaruhi masalah pada reproduksi, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah terkadang mengalami kesulitan mempunyai keturunan. Tanpa kita sadari, banyak faktor yang menyebabkan masalah pada kesehatan reproduksi kita sehingga menyebabkan terhambatnya  proses reproduksi.

Baca Juga : Rawat Daerah Kewanitaan Anda

Lalu, hal apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya masalah atau gangguan pada kesehatan reproduksi?  Berikut adalah beberapa hal yang tanpa disadari dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi kita:

•    Makanan yang kita konsumsi setiap harinya tanpa kita ketahui bisa saja mengandung zat kimia peptisida. Contohnya pada sayuran atau buah. Padahal, paparan peptisida mampu merusak kualitas sperma.  Tidak hanya itu, ketika makanan yang mengandung peptisida masuk dan menumpuk dalam tubuh, hal ini bisa merusak kesehatan darah.
•    Hubungan seks pranikah terutama dengan lebih dari satu orang. Tanamkan prinsip untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, karena hal ini yang membuat peluang besar penularan penyakit kelamin. Apalagi banyak penyakit kelamin saat ini yang sangat berbahaya dan beresiko merusak alat reproduksi.
•    Rutin membersihkan alat reproduksi Anda terlebih bila keluar cairan tertentu. Untuk wanita dapat membersihkan alat reproduksi dari depan ke belakang agar bakteri pada anus tidak masuk ke dalam organ intim.
•    Bagi Anda para lelaki, jangan biasakan menggunakan alat-alat elektronik di dekat paha seperti handphone, tablet, laptop, atau elektronik yang mengeluarkan suhu panas dan dapat mengakibatkan kualitas sperma menurun.

Banyak  hal lain yang mempengaruhi masalah kesehatan reproduksi, salah satunya terkena sel kanker, yang menyerang rahim ovarium dan leher rahim. Gangguan lain yang umum terjadi adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur ragi. Oleh sebab itu banyak yang perlu diperhatikan dari merawat sampai menjaga kebersihan organ intim kita, terutama pada saat kita mengalami menstruasi. Gunakan pembalut yang aman agar bakteri dan kuman tidak bisa kembali dan berkembang pada organ intim kita.

Berhati-hatilah pada pembalut yang dijual bebas di pasaran. Banyak pembalut yang terbuat dari bahan daur ulang, seperti dari kertas atau bahkan kardus yang diberi pemutih yang dapat menyebabkan masalah pada alat reproduksi dan menyebabkan iritasi pada kulit. Pembalut seperti ini juga biasanya memiliki daya serap yang kurang baik, sehingga membuat jamur dan bakteri menyerang. Gunakanlah pembalut yang benar-benar aman, seperti  K-Sophie Regular Flow dari K- LINK yang sangat  aman, telah teruji tidak mengandung pemutih dan tidak menyebabkan masalah pada alat reproduksi.





Pembalut K-Sophie Regular Flow mengandung ion negatif, berbahan dasar molekul tinggi yang mampu menyerap 46x lebih dari pembalut lain. Memiliki pori-pori yang baik sehingga sirkulasi udara selalu terjaga dan tetap terasa kering sekalipun sedang banyak- banyaknya.

Keunggulan dari K-Sophie Regular Flow memiliki enzim protis yang dapat mengurai protein darah haid, mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, mencegah bakteri kembali lagi ke dalam tubuh serta dapat menghilangkan bau juga rasa tidak nyaman pada saat menstruasi. Pemilihan pembalut yang tepat merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesehatan alat reproduksi kita, agar tetap sehat dan nyaman. Stay healthy, ya! (Diah/Marini)  


Artikel Rekomendasi : Menjaga Kesehatan dan Kesegaran Organ Intim Wanita