Penatalaksanaan ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)

Penatalaksanaan ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)
Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) , gejala , penyebab dan jenis-jenis dari ITP. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara pengobatan dan pencegahan agar tidak memperparah keadaan ITP.

Seperti yang kita ketahui ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) merupakan suatu penyakit dimana terjadi perdarahan yang tidak normal akibat rendahnya jumlah tanpa penyebab yang pasti.


Baca Juga    : 4 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Anda


Pengobatan ITP
Terdapat beberapa cara pengobatan yang dapat diberikan oleh penderita ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) diantaranya :

Terapi Suportif
-    Kurangi aktifitas fisik.
-    Kurangi pendarahan pada trauma.
-    Tidak memakai obat – obat yang dapat merusak trombosit dalam segi produksi, fungsi dan yang mempercepat penghancuran trombosit.
-    Edukasi atau berikan informasi pada pasien dan orang tua pasien.

Terapi Obat-obatan
-    Kortikosteroid secara oral dengan dosisi ( 2 mg/kgbb ), penggunaan obat kortikosteroid secara oral merupakan obat utama sebagai pengobatan ITP, yang dipercaya dapat mengurangi pada kecepatan penghancuran trombosit, dan mengurangi antibodi terhadap trombosit. Namun kerja obat ini sangat lambat sehingga kurang tepat pada pendarahan hebat.
-    Imunoglobulin intravena (IVIG), bisa berefek dalam jangka waktu 48 jam, sehingga bisa dipakai dalam pendarahan hebat, namun pada IVIG didapatkan 75 % anak akan merasakan efek samping obat yang lebih serius, yaitu iritasi meningeal (selaput otak) dan hemiplegia (hilangnya kekuatan oto) sementara.
-    Anti-D untuk kasus dengan rhesus D positif


Mencegah komplikasi pada ITP
Untuk menurunkan keparahan ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) dapat melakukan beberapa tindakan seperti :
-    Menghindari obat-obatan seperti Aspirin atau ibuprofen yang dapat mempengaruhi platelet (trombosit) dan meningkatkan risiko pendarahan.
-    Lindungi dari luka yang dapat menyebabkan memar atau pendarahan.
-    Lakukan terapi yang benar untuk infeksi yang mungkin dapat berkembang.
Jangan lupa terus simak artikel kesehatan minggu depan yang akan membahas pengobatan alami untuk ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)  ya. Salam sehat! (Angga/Inggrid)


Artikel Rekomendasi    :Pentingnya Istirahat yang Cukup Untuk Kesehatan