Madu Kaya Manfaat

Madu Kaya Manfaat
Siapa yang tak kenal dengan madu? Cairan alami yang manis ini banyak sekali kita jumpai di mana pun. Namun, apa sih sebenarnya madu itu?  Dari mana madu berasal dan apa saja manfaat dari madu tersebut?

Madu berasal dari hewan lebah. Madu adalah zat manis alami dengan bahan baku nektar bunga yang dikeluarkan dari perut lebah dan ditempatkan khusus dalam perut lebah, yakni perut madu (honey stomach).  Nektar bunga sendiri merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan tanaman dalam bentuk larutan gula.



Kandungan madu ternyata sangat banyak, diantaranya adalah natrium, magnesium, besi, kalium, vitamin A, B1, B2, antibiotik dan banyak lagi. Jadi madu sangat bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, ternyata madu juga bisa menggantikan antibiotik bagi pasien pengindap kanker, serta menyembuhkan efek samping suatu obat.

Baca Juga : Basmi Tipes Dengan Madu


Manfaat madu pun telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an dalam surah An- Nahl ayat 68-69. Ayat ini menjelaskan bahwa madu dihasilkan oleh lebah dan madu dapat bermanfaat untuk dijadikan obat. Madu sendiri berkhasiat sangat tinggi dan dapat dikonsumsi mulai dari balita sampai manula. Madu pun sangat bagus untuk ibu pada masa kehamilan karena membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung, serta membantu asupan gizi bagi janin dan membantu perkembangan otak  bayi.

Pada anak-anak, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, unsur vitamin B yang terdapat pada madu dapat menjadi antibodi pada anak. Bagi para remaja yang masih akil baliq, madu bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dengan sangat cepat. Selain itu, madu yang kaya gizi juga dapat membantu pertumbuhan anak menjadi sempurna. Sementara untuk orang dewasa, madu bermanfaat sebagai sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengingat pekerjaan yang menumpuk dapat mengakibatkan stres sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan mudah terserang  penyakit.

Masih banyak lagi khasiat dan manfaat madu yang begitu tak terbatas. Madu adalah makanan tambahan terbaik untuk tubuh sebagai antibiotik untuk menangkal penyakit akibat virus atau bakteri. Selain itu, madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, jerawat, sariawan, batuk, meningkatkan daya ingat, menghilangkan alergi dan masih banyak sekali khasiat dan manfaat madu yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Bukan hanya pada madunya saja, akan tetapi banyak hasil olahan lebah yang tidak kalah bermanfaat. Salah satunya adalah royal jelly, cairan putih susu agak asam dan sedikit pahit serta berbau tajam yang berfungsi untuk mengatur lemak dan protein dalam tubuh, serta mengaktifkan kembali kelenjar tubuh yang tidak dapat berfungsi normal

Bagian lain dari hewan lebah yang juga bermanfaat adalah propolis yang berasal dari air liur lebah yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan lilin lebah yang  diproduksi dari sarang lebah. Lilin lebah biasanya digunakan untuk produk kosmetik, untuk membatik, dan lilin penerangan.

Mungkin kita melihat hewan lebah begitu tak berarti, tetapi pada hakikatnya hewan tersebut banyak sekali membantu manusia dengan menghasilkan madu yang kaya manfaatnya. (Diah/Marini)

Artikel Rekomendasi    : Madu Tingkatkan Khasiat Ayurveda