Pentingnya Konsumsi Vitamin D Untuk Anak

Pentingnya Konsumsi Vitamin D Untuk Anak
Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan vitamin D yang dapat membantu tumbuh kembang anak, terutama untuk perkembangan tulang dan gigi. Kurangnya mengonsumsi vitamin D pada anak dapat menyebabkan kelainan bentuk pada tulang, gigi yang lebih mudah keropos serta resiko terserang penyakit auto immune. Karena tubuh tidak memproduksi sendiri vitamin D, maka diperlukan asupan makanan tambahan yang mengandung vitamin D maupun suplemen khusus yang mengandung vitamin D.





Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting bagi tubuh. Sebuah jurnal menyebutkan bahwa usia anak-anak hingga remaja memerlukan 10 kali lebih vitamin D dibandingkan pada orang dewasa. Kebutuhan vitamin D per hari untuk usia anak-anak hingga remaja berkisar antara 200ui sampai 400ui. Sumber vitamin D sangat banyak dalam makanan terutama makanan laut. Salah satu contoh sumber vitamin D ialah udang, ikan makarel, tuna, salmon, susu, sereal , telur, jamur, keju dan daging sapi.

Vitamin D berperan dalam proses pembentukan tulang dengan membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Seorang anak yang rutin mengonsumsi asupan kalsium dan vitamin D disertai rajin melakukan aktifitas olahraga memiliki kesempatan untuk tumbuh lebih tinggi. Jika seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin D, bisa mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membangun serta memelihara kekuatan dan pertumbuhan tulang dan gigi.

Vitamin D pun turut berperan dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Bahkan vitamin D pun berperan untuk mencegah beberapa jenis penyakit salah satunya osteoporosis, rakhitis dan multiple sclerosis. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kalsium yang masuk kedalam tubuh sulit diserap oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko kelainan bentuk pada tulang, gigi mudah keropos, hipertensi dan penyakit jantung, penyakit auto immune, osteopenia hingga osteoporosis dan parkinson.

Pada bayi yang masih dalam usia menyusui dan mendapatkan makanan hanya dari ASI, diperlukan asupan vitamin D dari sumber makanan ataupun dari suplemen karena tubuh tidak memproduksi sendiri vitamin D.

Peran vitamin D dalam tubuh:

1.    Vitamin D mampu membantu penyerapan magnesium dan kalsium dalam tubuh.
2.    Vitamin D mampu menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
3.    Vitamin D memiliki peran yang sangat besar untuk mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi.
4.    Semua vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh bisa mendukung fungsi otot tubuh secara kritis seperti otot pada jantung, paru-paru dan otak sehingga tubuh bisa melawan infeksi.




K-Kids Omega merupakan suplemen khusus anak yang mengandung vitamin D yang sesuai dengan keperluan harian anak yakni sebesar 200ui. Vitamin D pada K-Kids Omega diambil dari minyak hati ikan kod yang diproses secara higenis dan modern. Dengan mengonsumsi K-Kids Omega secara rutin dapat mencukupi kebutuhan tubuh anak akan vitamin D sehingga mampu untuk mencegah datangnya penyakit akibat kekurangan vitamin D. (Fina/Marini)

Artikel Rekomendasi    :Asam Lemak Omega-3 Hentikan Pemicu Lupus