Pelancar Buang Air Besar Secara Alami

Pelancar Buang Air Besar Secara Alami
Sembelit atau sulit buang air besar merupakan masalah yang pernah dialami hampir semua orang. Padahal, setiap hari kita selalu memasukkan makanan ke dalam tubuh. Karena itu jika sisa kotoran yang dihasilkan oleh makanan yang kita makan tidak dibuang secara teratur setiap hari, maka dapat dibayangkan betapa banyak sisa makanan dalam bentuk sampah yang menumpuk dalam tubuh. Mengonsumsi serat alami untuk memperlancar buang air besar dapat menjadi solusinya.

Kondisi seseorang yang mengalami masalah buang air besar dikenal dengan istilah sembelit. Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan, dan dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar serta membuat penderitanya tidak mampu mengeluarkan feses setiap hari secara rutin. Sembelit yang cukup parah disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus besar (colon) serta berbagai macam penyakit lainnya akibat adanya penumpukan racun dalam tubuh yang tidak mampu dikeluarkan.

Penyebab Sembelit Kronis

Penyebab utama sembelit kronis adalah usus besar yang malas berkontraksi. Penyebab lain konstipasi kronis ialah usus besar dalam keadaan tegang sehingga tidak mampu menghasilkan gerakan peristaltik dalam waktu yang lama. Jika salah satu dari hal ini terjadi, maka feses akan menumpuk dalam usus besar, sehingga menyebabkan usus besar menjadi dehidrasi akibat banyaknya air yang terserap oleh feses. Jika usus besar dalam keadaan dehidrasi, maka feses akan menjadi keras sementara usus dalam keadaan kering sehingga feses semakin sulit untuk keluar. Sembelit juga dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti kehamilan, kekurangan hormon tiroid, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti anti-depresan, penghilang rasa nyeri, penurun tekanan darah dan narkotika, menggunakan obat pencahar secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, serta akibat mengalami stres.

Baca juga : Pencernaan Sehat Dengan Minyak Zaitun


Hubungan antara Serat dan Sembelit

Serat merupakan solusi bagi Anda untuk mengatasi sembelit. Makanan tinggi serat cenderung sarat dengan vitamin dan mineral serta biasanya rendah lemak dan kalori. Makan makanan yang tinggi serat akan memaksimalkan asupan berbagai nutrisi yang berbeda.

Terdapat 2 jenis serat, yakni serat yang mudah larut dan serat tidak mudah larut. Keduanya memiliki dampak yang berbeda bagi sistem pencernaan guna memperlancar buang air besar. Serat yang mudah larut akan menjaga kadar air dalam feses sehingga mencegah penyerapan air dalam usus dan mencegah terjadinya dehidrasi usus. Karena itu, feses yang dihasilkan akan lembut dan tidak kering. Sedangkan serat yang tidak mudah larut akan menambah massa feses sehingga meransang terjadinya gerakan peristaltik usus dan memudahkan feses berjalan menuju rektum (bagian akhir dari saluran pencernaan).

Makanan yang mengandung tinggi serat adalah:
•    Buah: pir, apel, jeruk, papaya, nanas, dan lainnya.
•    Sayuran: brokoli, kubis, wortel, labu, kentang, bayam, dan banyak lagi.
•    Kacang-kacangan: biji bunga matahari, almond, kacang polong, kacang kedelai, dan lainnya.
•    Biji-bijian: gandum putih, gandum merah, beras merah, oatmeal, dan sebagainya.
Mengonsumsi cukup serat dalam makanan sehari-hari akan membantu Anda membuang air besar secara teratur setiap harinya.


Solusi Alami Terbaik K-Organic BioGreen




K-Organic BioGreen merupakan makanan tinggi serat yang mengandung 58 jenis buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan yang semuanya diproses secara alami. Keseluruhan jenis makanan yang terdapat dalam K-Organic BioGreen mengandung serat larut dan serat tidak mudah larut yang dapat melancarkan fungsi kerja sistem pencernaan dan memudahkan kita untuk membuang air besar.

K-Organic BioGreen terdiri dari berbagai jenis makanan yang tinggi akan serat, serta sudah teruji secara klinis, menggunakan teknologi canggih serta tidak menggunakan bahan kimia berbahaya di dalamnya yang sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari dan untuk jangka waktu panjang. K-Organic BioGreen merupakan solusi terbaik bagi Anda untuk membuang air besar secara alami. K-Organic BioGreen akan membantu Anda untuk terhindar dari sembelit dan rasa sakit yang dirasakan ketika buang air besar.  K-Organic BioGreen juga akan membantu membersihkan saluran pencernaan Anda.  Dengan saluran pencernaan yang bersih, maka Anda pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berasal dari kotoran yang menumpuk pada usus Anda. (Fina/Marini)

Artikel Rekomendasi : Tulang VS Berat Badan Ideal