Kalsium Berperan Pada Kesehatan Gigi Anda

Kalsium Berperan Pada Kesehatan Gigi Anda
Kalsium merupakan mineral yang penting untuk manusia, 99 persen kalsium di dalam tubuh manusia terdapat di tulang. Dan sebanyak 1 persen kalsium terdapat di dalam cairan tubuh. fungsi kalsium pun sangat banyak untuk tubuh manusia, termasuk berperan penting dalam kesehatan gigi Anda.
 
Gigi merupakan organ utama yang digunakan untuk mengolah makanan secara mekanik saat makan. Dengan adanya gigi, kita dapat mengigit, memotong, mengunyah, menyobek dan menghaluskan makanan yang kita makan. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi halus. Hal ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna makanan secara cepat dan efisien.
Pada bayi, gigi akan tumbuh pertama kali pada usia sekitar enam bulan. Gigi yang tumbuh pertama kali tersebut dinamakan gigi susu. Gigi susu berangsur-angsur akan digantikan oleh gigi sulung pada usia sekitar 6 sampai 14 tahun. Setelah itu, gigi sulung berangsur-angsur digantikan gigi tetap. Pada anak-anak terdapat 20 gigi susu, sedangkan pada orang dewasa terdapat 32 gigi tetap.

Baca Juga: Jangan Biarkan Gigi Sensitif Semakin Aktif
 
Gigi terdiri atas beberapa bagian, yaitu bagian mahkota, leher dan akar gigi. Bagian gigi yang terlihat merupakan bagian mahkota, sedangkan bagian leher tertutup oleh lapisan gusi. Gigi dilapisi oleh lapisan email, kemudian dibagian bawah lapisan email terdapat dentin. Di dalam lapisan dentin tersebut terdapat rongga pulpa, tempat pembuluh darah dan saraf berada.

Email Gigi (Enamel) adalah bagian gigi yang merupakan lapisan pelapis mahkota gigi. Email Gigi  berfungsi untuk melindungi gigi karena terbentuk dari zat yang sangat keras. Zat Email Gigi berasal dari epitel ektodermal yang merupakan bahan terkeras dalam tubuh manusia karena  memiliki konsentrasi kalsium paling tinggi. Ketebalan email bervariasi, email paling tebal pada bagian atas mahkota gigi (korona) kemudian semakin menipis pada dasar mahkota dan hilang saat mencapai akar gigi. Warna email gigi (enamel) ini tidak putih mutlak, banyak ditemukan menunjukkan warna sedikit abu-abu.

Kalsium menjadi salah satu faktor utama pembentuk email gigi, jika kita kekurangan kalsium, maka pembentukan email gigi pun akan terganggu. Ada bermacam-macam bentuk kalsium, salah satu bentuk kalsium yang cukup optimal dalam membentuk email gigi yang baik adalah MPPC yaitu Micro Particle Precarb Calcium. MPPC merupakan kalsium yang memiliki ukuran molekul < 4 mikron dengan sudut tumpul.

MPPC secara klinis terbukti Mempunyai daya adhesif (Daya tarik menarik antara molekul MPPC dengan Calcium pada gigi) yang sangat kuat dalam menambal lubang email gigi yang hilang akibat abrasif sewaktu menyikat gigi atau karena demineralisasi.

Sehingga dengan memilih jenis kalsium yang tepat juga akan menghasilkan email gigi yang kuat, akibatnya gigi menjadi kuat dan sehat serta terhindar dari berbagai macam gangguan gigi seperti gigi sensitif, lubang pada gigi, dan berbagai macam gangguan lainnya.

Ingat, kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Rutinlah konsumsi asupan makanan yang mengandung kalsium seperti susu, telur, udang dan kacang-kacangan jenis almond dan kacang Brazil. (Jabbar/Inggrid)

Artikel Rekomendasi    :Cara Mencegah Sakit Gigi Yang Menyiksa