Bau Kaki? Cegah Yuk!

Bau Kaki? Cegah Yuk!
Bau kaki merupakan hal yang sangat mengganggu, bukan hanya membuat kita tidak nyaman, tetapi juga untuk orang di sekeliling kita, terutama pada saat kita harus membuka sepatu ditengah aktivitas bersama teman-teman. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kaki berbau tidak sedap? Bagaimana cara mencegah kaki agar tidak bau serta bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada kaki?

Seperti bau badan, bau kaki timbul karena keringat yang bercampur dengan bakteri. Bau kaki akan timbul apabila kaki kita lembab dan kita tidak menjaga kebersihan pada daerah kaki. kondisi kaki yang lembab, misalnya setelah memakai sepatu tertutup terlalu lama, membuat kulit kaki kita tidak mendapatkan oksigen dengan baik. Akibatnya banyak bakteri yang bersemayam di tempat tersebut.


Baca Juga    : Manfaat Menggunakan Kaos Kaki Saat Tidur


Setelah mengetahui penyebab bau kaki, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mencegah bau kaki dan menghilangkan bau kaki. Berikut adalah tips untuk mencegah dan menghilangkan bau kaki :

1.    Cuci Kaki

Biasakan untuk mencuci kaki dengan menggunakan sabun anti bakteri setelah beraktifitas dengan menggunakan sepatu dalam jangka waktu yang lama. Cuci kaki adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan kaki agar terbebas dari bakteri dan menjaga kaki agar tetap kering. Cara ini juga dapat dilakukan apabila kaki kita sudah terlanjur bau.

2.    Rajin merawat daerah kuku
Jaga agar kuku kaki tetap pendek, terutama pada bagian jempol. Karena biasanya kuku kaki yang panjang bisa menjadi sarang kotoran yang dapat menimbulkan bau pada kaki. Dengan merawat kebersihan kaki seperti memotong kuku, membersihkan kutikula dan sela-sela jari paling tidak satu minggu 1-2 kali, akan membantu menjaga kesehatan kaki dan tentu saja mengurangi bau pada kaki.

3.    Pakai deodoran
Bukan hanya untuk ketiak, tetapi deodoran juga bermanfaat untuk mencegah bau kaki. Deodoran yang mengandung bahan anti bakteri dapat membunuh bakteri. Walaupun tidak bisa menghentikan keringat tetapi deodoran dapat mencegah bau tidak sedap ketika keringat bertemu dengan bakteri.

4.    Pemakaian Sepatu yang Tepat

Pemilihan sepatu yang tepat juga penting untuk menghindari bau pada kaki. Sepatu yang sehat dan baik adalah sepatu yang memberikan sirkulasi udara pada kaki. Pilihlah ukuran sepatu yang tidak terlalu sempit, karena sepatu yang sempit akan menimbulkan kelembapan pada kaki. Usahakan tidak menggunakan sepatu yang sama setiap harinya, sebaiknya gunakan sepatu yang berbeda setiap dua hari sekali. Hal ini akan memberi waktu bagi sepatu untuk kering dan tidak lembap dalam waktu 24 jam. Pakai sendal yang terbuka pada bagian depan saat cuaca sedang panas. Ketika di rumah, cobalah bertelanjang kaki.

5.    Kaos Kaki
Penggunaan kaos kaki juga harus diperhatikan. Gunakanlah kaos kaki yang dapat menjaga kesehatan kaki, misalnya seperti K-Energy Socks.
K-Energy Socks adalah kaos kaki kesehatan antibakteri untuk menjaga kesehatan kaki. Terbuat dari katun berkualitas dan bio-keramik yang memancarkan sinar inframerah jauh dan bio-energi. Sinar inframerah jauh dan bio-energi dapat menembus ke dalam telapak kaki dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri, menghilangkan bau kaki dan gatal-gatal.

Manfaat K-Energy Socks :
 
>    Meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesegaran dan kesehatan tubuh.
>    Mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman pada kaki, menghilangkan bau kaki dan gatal-gatal.
>    Meredakan kejang dan kram pada otot.
>    Menyerap keringat secara cepat serta menjaga kaki tetap kering dan nyaman.

Keunggulan
K-Energy Socks :

#    Bekerja sebagai antibakteri, membantu membunuh gram positif dan gram negatif serta jamur.
#    Membantu menghilangkan bau kaki dengan menyerap keringat, K-Energy Socks tetap berbau segar walau telah digunakan berhari-hari.
#    Berfungsi sebagai anti masalah kaki, dalam penggunaan jangka panjang dapat mencegah penyakit pada kaki seperti Hongkong foot.
#    Membantu melindungi kaki dari kekeringan, membantu menjaga kelembutan dan fleksibilitas kaki.
#    Desain yang bagus, nyaman dipakai, dan tahan lama. Terbuat dari kain katun yang dapat menyerap lembap dan meningkatkan sirkulasi udara. Tahan lama karena ujung kaos kaki dijahit dengan halus sekali, membuat nyaman dipakai sekaligus sebagai kaos kaki yang berkualitas untuk kesehatan kaki.

Demikianlah tips untuk mencegah dan menghilangkan bau kaki, semoga bermanfaat. Selamat tinggal bau kaki! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : Sehatkan Kaki Rawat Sejak Dini