NYERI DI PUNGGUNG? WASPADA BATU GINJAL!

NYERI DI PUNGGUNG? WASPADA BATU GINJAL!
Terkadang tidak semua orang mengalami gejala yang sama saat memiliki batu di ginjalnya. Ada yang tiba-tiba mengalami nyeri hebat dipunggung, ada yang didahului dengan rasa nyeri saat buang air kecil disertai keringat dingin.  Meski riwayat penyakit keluarga turut berperan dalam penyakit batu ginjal ini, namun penyebab utamanya adalah kurangnya minum air putih dalam kesehariannya.  Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan jalan operasi. Namun ternyata ada jalan lain yang dapat ditempuh untuk meluruhkan batu ginjal ini tanpa perlu operasi dengan biaya yang mahal.

Mitra K-LINK mungkin sering mendengar pernyataan bahwa “Sehat baru kelihatan mahal saat sakit itu datang.” Ternyata pernyataan itu memang benar adanya. Pada saat sakit datang dan kita harus dirawat di rumah sakit beberapa hari tentunya akan memerlukan biaya yang besar. Untuk itulah  pentingnya bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan peduli akan kesehatan. Hal paling kecil  yang dapat kita lakukan adalah dengan mengetahui secara dini atas timbulnya suatu penyakit dari gejala-gejala yang dirasakan.

Membahas tentang gejala,  apakah para mitra K-LINK pernah merasakan rasa nyeri di pinggang, dan nyeri saat buang air kecil?

“ Jika pernah, waspadalah dengan bahaya batu ginjal!”
Pada artikel ini kita membahas salah satu penyakit yang jumlah penderitanya cukup banyak di Indonesia, yaitu penyakit batu ginjal.

Apa itu Penyakit Batu Ginjal?
Penyakit batu ginjal atau istilah kedokterannya nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) tahun 2013,  diperkirakan prevalensi penderita yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur di atas 15 tahun adalah sebesar 0,6 % dari total penduduk Indonesia.


Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal


Gejala Penyakit Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal memiliki beberapa gejala yang dapat timbul, diantaranya:
-    Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, yang berada di bawah pinggul
-    Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
-    Nyeri pada saat buang air kecil
-    Urin berwarna pink, merah atau coklat
-    Mual dan muntah
-    Sering buang air kecil
-    Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika ada perubahan pada kesimbangan normal air, garam dan zat lain di dalam urin.  Senyawa kimia lain yang dapat membentuk batu di saluran kemih salah satunya adalah asam urat.

Beberapa orang lebih mungkin untuk mendapatkan batu ginjal karena kondisi medis atau sejarah keluarga. Akan tetapi penyebab utama dari penyakit batu ginjal dikarenakan tidak cukup mengonsumsi air putih setiap hari.

Pencegahan Penyakit batu Ginjal

Penyakit batu ginjal pada dasarnya dapat dicegah dengan memperbaiki pola hidup kita. Terdapat beberapa tips untuk mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal, diantaranya:

-   Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup (minimal 8 gelas per hari) untuk membantu memecahkan hingga menghancurkan batu ginjal yang ada pada saluran kemih (ureter).
-   Mengonsumsi makanan sumber vitamin A, karena vitamin A dapat membantu untuk menyehatkan fungsi sistem urin dan tentunya dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada ureter.
-   Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan vitamin B6 untuk mengurangi kadar kalsium oksalat dalam urin. Kalsium oksalat dalam tubuh dengan kadar yang tinggi inilah yang membentuk kristal atau batu pada saluran kemih, yang dikenal dengan batu ginjal. Karena itu Anda dapat mengonsumsi makanan bermagnesium seperti kacang almond panggang, sayur bayam rebus, sereal, dan alpukat. Sementara makanan yang mengandung vitamin B6 diantaranya adalah daging, ikan, kentang, brokoli, bayam dan buah semangka. 

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal
PT. K-Link Indonesia memiliki serangkaian produk yang dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal tanpa operasi, diantaranya:

K-Liquid Chlorophyll
K-Liquid Chlorophyll membantu mengeluarkan toksin/racun dalam tubuh, salah satu dikeluarkan melalui urin. Hal ini akan membantu membersihkan organ ginjal dan membantu mengikis batu ginjal yang ada dalam tubuh.
Dapat dikonsumsi 3 kali sehari satu sloki dengan cara dilarutkan ke dalam air 250 ml dan diminum sebelum makan.

K-Ayurveda AyuRin Plus
K-Ayurveda AyuRin Plus bermanfaat untuk melancarkan buang air seni. Dengan begitu, hal ini akan membantu mengikis / meluluhkan batu ginjal. Dapat dikonsumsi 2 kali sehari 2 kapsul sesudah makan.

K-Liquid Organic Spirulina
K-Liquid Organic Spirulina  mengandung vitamin B6 dan berfungsi sebagai sumber betakaroten paling tinggi, yang berfungsi untuk menyehatkan fungsi sistem urin dan tentunya dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada ureter. Konsumsi 2 kali sehari satu saset sebelum makan.

Golden Valley Roibos tea
Golden Valley Roibos tea merupakan minuman kesehatan dengan formula unik dari bahan alami sejenis teh dengan nama Aspalathus Linearis dari Cedarberg yang membantu meluruhkan batu/kristal yang terdapat di sepanjang saluran kemih. Satu saset dapat dilarutkan dengan air sebanyak 1,5 liter dapat dikonsumsi untuk 1 hari. Disamping itu, tetap konsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter per harinya.

Konsumsi semua produk di atas secara rutin selama 3-6 bulan agar batu ginjal dapat luruh dengan maksimal tanpa perlu operasi. Selain lebih mahal, tidak semua orang berani untuk melakukan operasi. Karena itu, pilihlah produk-produk yang dapat meluruhkan batu ginjal secara aman dan sudah terbukti khasiatnya. Semoga bermanfaat  artikel mengenai solusi untuk batu ginjal ini. Salam sehat! (Angga/Marini)

Artikel Rekomendasi : Sindrom Nefrotik Peradangan Ginjal Yang Tidak Dikenal