Kulit Sehat Dengan Minyak Zaitun

Kulit Sehat Dengan Minyak Zaitun
Walaupun proses penuaan pasti berjalan secara alamiah, namun mempunyai wajah sehat dan terlihat awet muda merupakan dambaan setiap orang. Dan kabar baiknya adalah bahwa memiliki kulit wajah yang sehat ternyata mudah dilakukan, caranya cukup dengan menggunakan minyak zaitun.

Kulit sebagai penutup tubuh merupakan perlindungan utama menghadapi ancaman kondisi luar tubuh, contohnya seperti sinar ultraviolet dari matahari. Sinar ultraviolet (UV) memang merupakan salah satu dari faktor utama penyebab penuaan dini disamping penyebab eksternal lainnya dan kulit yang paling sering terpapar oleh sinar UV ini adalah wajah (kulit muka). Wujud dari penuaan dini bisa berupa warna kulit yang lebih hitam, keriput, kusam, bahkan terdapat bercak-bercak coklat kehitaman yang biasa disebut melasma. Oleh karena itu sebisa mungkin kita menghindari sengatan terik matahari.

Selain dari luar, penyebab kerusakan kulit wajah disebabkan pula oleh kondisi internal tubuh dari dalam, seperti kadar radikal bebas tubuh, faktor hormonal, faktor keturunan (gen), dan stress.


Baca juga : Manfaat jahe untuk kulit wajah


Perawatan kulit dapat dilakukan melalui luar tubuh maupun dalam tubuh. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, seperti menggunakan sunblock saat keluar beraktivitas di siang hari, selain itu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin E dalam jumlah optimal yang juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya reaksi oksidasi oleh radikal bebas, dan cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan bahan alami yang mengandung antioksidan salah satunya dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun menjadi salah satu minyak yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit baik dari luar dioleskan sebagai lotion maupun dari dalam dengan cara dikonsumsi secara langsung atau sebagai teman dalam mengonsumsi roti, salad dan makanan lainnya.

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit, antara lain :

1.    Memberikan kelembaban alami kulit
Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun sangat baik dalam memberikan kadar minyak alami, dapat digunakan dengan berbagai cara antara lain dengan mengoleskan minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur.

2.    Mencegah penuaan dini
Kandungan asam linoleat dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga meminimalisir munculnya keriput di usia muda.

3.    Anti Oksidan
Minyak zaitun memiliki berbagai macam antioksidan polifenol yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya kerusakan dan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dan masih banyak lagi manfaat minyak zaitun lainnya. Efektifitas minyak zaitun akan menjadi lebih optimal apabila digunakan dalam dua cara yaitu digunakan di bagian luar serta dikonsumsi ke dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua minyak zaitun dapat langsung dikonsumsi, sebaiknya pilih minyak zaitun yang memiliki grade tertinggi yaitu EVOO (Extra Virgin Olive Oil) selain karena kandungan nutrisi dan bahan aktifnya paling tinggi, jenis EVOO juga bebas dari cemaran bahan kimia dan proses pemanasan sehingga kandungan nutrisi nya tetap terjaga dan bermanfaat secara maksimal. (Jabbar/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Rahasia Kulit Sehat