Sudah Lengkapkah Nutrisi Harian Anda ?

Sudah Lengkapkah Nutrisi Harian Anda ?
Apakah nutrisi harian Anda sudah terpenuhi setiap harinya? Apa saja nutrisi harian tersebut? Yu cari tahu informasinya, agar tubuh senantiasa sehat.
 
Agar dapat berfungsi dengan optimal, tubuh memerlukan nutrisi yang lengkap. Makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh. Dengan porsi yang tepat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat terpenuhi dengan baik untuk nutrisi tubuh. Terlalu banyak makan dengan nutrisi yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan berat badan yang berlebih. Nutrisi harian yang harus dilengkapi adalah :

1.    Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi sebagian besar makhluk hidup. Bisa dikatakan, karbohidrat identik dengan gula. Rata-rata setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori. Kebutuhan rata-rata manusia akan kalori adalah sebanyak 1200 - 2000 kalori setiap harinya. Kalori yang diperoleh dari karbohidrat disarankan sebanyak 45% - 60% dari seluruh kebutuhan kalori. Namun, rata-rata penduduk Indonesia mengonsumsi 70% - 80% karbohidrat. Kelebihan mengonsumsi karbohidrat yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak.

2.    Protein

Protein tidak dapat dihasilkan sendiri oleh manusia kecuali lewat makanan seperti halnya makanan yang mengandung protein. Protein selain berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh, protein juga berfungsi sebagai pendukung berbagai aktifitas organ tubuh dan metabolisme.

3.    Vitamin

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin makhluk hidup tidak dapat melakukan aktifitas. Ada beberapa jenis vitamin yaitu, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12.

4.    Mineral
    Mineral merupakan nutris penting untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit, sama halnya dengan vitamin. Tubuh perlu vitamin agar mineral dapat bekerja dan sebaliknya kita juga perlu mineral agar vitamin dapat bekerja. Tanpa beberapa mineral / vitamin, beberapa vitamin / mineral tidak dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa jenis mineral penting untuk tubuh kita, yaitu Kalsium, Magnesium, Zat besi, Zinc, Selenium, dan Kalium. Berbagai jenis mineral mempunyai peran masing-masing untuk kesehatan tubuh.

5.    Lemak

    Manfaat lemak sebagai cadangan energi dan untuk melindungi organ tubuh. Kebutuhan lemak yang tercukupi dapat menjaga kesehatan kulit, rambut, menjaga suhu tubuh, melarutkan vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Satu gram lemak dapat menghasilkan sekitar 90 kalori. Mengonsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian, jika kelebihan tidak baik untuk kesehatan, dan menimbulkan berat badan yang berlebih.


6.    Serat
    Manfaat utama serat adalah untuk pencernaan, serat dapat melancarkan buang air besar serta menjaga berat badan tetap ideal karena serat dapat mencegah penyerapan lemak, menjaga kolesterol dan gula darah .

7.    Air
     Air sangat diperlukan untuk kehidupan, begitu juga untuk tubuh. Tubuh juga memerlukan air, kekurangan air dapat menyebabkan tubuh lemas. Air dibutuhkan untuk mengatur suhu tubuh dan melindungi kesehatan Anda.


Baca Juga : 4 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Anda


Makanan yang kita konsumsi setiap hari harus bisa melengkapi nutrisi harian kita, agar tubuh tetap sehat walaupun beraktivitas seharian penuh. Lalu apa yang harus kita konsumsi dalam sehari? Jawabannya adalah asupan nutrisi yang lengkap. Konsumsilah makanan  sehat 5 sempurna, selain itu lengkapi juga dengan mengonsumsi suplemen yang bernutrisi seperti K-Liquid Organic Spirulina. Spirulina adalah ganggang hijau biru yang memiliki kandungan gizi tinggi dan alami. Kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan merupakan nutrisi terkaya didunia.

K-Liquid Organic Spirulina mengandung :

•    Protein 65% yang dapat membantu dalam mencukupi nutrisi dan mempercepat produktifitas sistem humoral(Antibody dan sitokin) dalam tubuh kita.
•    vitamin yang lengkap (Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B6, B12, Asam folat dan biotin dapat menjaga vitalitas organ-organ dalam tubuh, memberikan energi dan baik untuk pertumbuhan janin bagi ibu hamil
•    Mineralnya juga lengkap yaitu kalsium, magnesium, chromium, copper, dan zinc yang dapat meningkatkan fungsi metabolisme, menguatkan tulang dan gigi, memperbaiki transportasi O2 dalam darah dan sistem saraf dalam tubuh
•    Gama Linolenic Acid (GLA) berguna untuk pertumbuhan otak, dapat mengurangi gejala encok
•    Pigmen dan enzym seperti chlorophyll, carotenoid, phycocyanin, SOD (Super-oxide dismutase) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah resiko kanker dan tumor.

Manfaat dari K-Liquid Organic Spirulina adalah :
-    Memberikan nutrisi yang lengkap
-    Membantu meningkatkan sistem pencernaan
-    Membantu menurunkan kadar kolesterol
-    Mambantu menurunkan resiko kanker dan tumor (anti kanker dan anti oksidan)
-    Mengurangi efek radiasi/kemoterapi
-    Melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia
-    Membantu program diet dengan memberikan nutrisi alami
-    Membantu mengontrol kadar gula dan hipertensi
-    Meringankan kerja organ ginjal karena logam berat dan obat-obatan
-    Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur
-    Menyeimbangkan selera makan
-  Sangat baik untuk anak-anak, kondisi tubuh lemah lesu tidak bertenaga, kurang gizi, meningkatkan stamina, sedang sakit atau setelah operasi, dan menjaga kesehatan kulit.

    Dengan sifatnya yang organik, K-Liquid Organic Spirulina aman dikonsumsi oleh semua usia juga aman untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui, karena mengandung vitamin yang lengkap dan kandungan asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Untuk menjaga vitalitas tubuh, cukup tuangkan 1 sachet ke dalam secangkir air atau dapat diminum langsung tanpa air. Bagi yang sedang melaksanakan program diet ketat, dianjurkan minum 3 sachet perhari. (Puput/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Gelang Kesehatan Masa Kini