Pentingnya Kolagen Untuk Tulang dan Sendi

Pentingnya Kolagen Untuk Tulang dan Sendi
Kebanyakan orang tahu bahwa kalsiumlah yang merupakan zat penyusun tulang yang penting untuk  menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan sendi. Namun ternyata kolagen pun sama pentingnya dengan kalsium bagi tulang Anda.

Selama ini kita hanya tahu kolagen penting untuk kekencangan dan kekenyalan kulit. Padahal kolagen banyak ditemukan di organ tubuh lain selain kulit seperti mata, kuku, otot, pembuluh darah, gigi, tulang dan sendi. Maka dari itu kita harus menjaga asupan kolagen yang cukup untuk tubuh kita.

Pada tulang itu sendiri, kolagen berfungsi untuk merekatkan kalsium. Jadi bila diibaratkan, kolagen sebagai semen dan kalsium sebagai batu bata dalam suatu bangunan tiang gedung misalnya. Jadi semen berfungsi merekatkan batu bata satu sama lain agar tiang dapat berdiri kuat dan kokoh.


Baca Juga : Tulang vs Berat Badan Ideal


Berikut adalah zat-zat  penyusun tulang manusia :

1.    Kalsium
Kalsium atau zat kapur merupakan komponen pembentuk tulang dan gigi. Makanan sumber kalsium antara lain sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, susu, keju, buah-buahan, tempe, telur, ikan berwarna merah seperti tuna, salmon, udang dan kepiting.

2.    Zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk menyuplai oksigen pada saat kontraksi otot. Makanan sumber zat besi yaitu jagung,  kentang, kangkung, daging sapi, ikan laut, telur, buah-buahan, gandum, beras merah, kacang-kacangan, susu skim dan yogurt.

3.    Kolagen
Kolagen sangat penting peranannya bagi tulang, yaitu sebagai perekat pada tulang. Kolagen bersama fosfor dan kalsium membentuk 95% bagian dari matriks tulang. Tulang rawan yang padat dan elastis mengandung 70% kolagen. Dan menurut FDA (Food and Drug Administration) kolagen berperan penting dalam regenerasi tulang rawan.
Makanan sumber kolagen yaitu buah-buahan, kacang-kacangan, daging, susu, telur, ikan salmon, teh hijau dan sayuran.

4.    Fosfor
Fungsi utama fosfor yaitu sebagai penyerapan pemakaian  kalsium. Fosfor banyak terdapat pada ikan, daging, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum.

5.    Vitamin D

Vitamin D satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi dalam tubuh, tidak perlu asupan khusus asalkan mendapatkan  cukup banyak paparan sinar matahari.
Fungsi khusus dari vitamin D adalah berperan dalam pengerasan tulang. Vitamin terdapat juga pada makanan seperti ikan tuna, udang, mentega, minyak ikan dan biji bunga matahari.


Bila kita bicara tulang tidak lepas dari sendi. Sendi merupakan struktur khusus dari tubuh yang menghubungkan dua tulang agar dapat bergerak. Fungsi utama sendi adalah memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya.

Pada tulang keras dan tulang rawan, serta sendi yang ada menopang tubuh kita, sebagian besar terbentuk oleh kolagen. Sehingga kolagen sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang juga sendi. Maka dari itu kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen. Namun masalahnya terkadang kadar kolagen yang terdapat pada makanan kita sehari-hari tidak mencukupi asupan kolagen yang cukup untuk menunjang kebutuhan tubuh akan kolagen kita setiap hari.

Untuk itu kita butuh suplemen kolagen alami yang dapat memenuhi itu, yaitu K-Liquid Mixed Collagen Drink dari PT. K-Link Indonesia. K-Liquid Mixed Collagen Drink merupakan minuman anti-aging yang mengandung 3000mg kolagen alami dan kaya akan vitamin C dan polifenol sebagai antioksidan bagi tubuh. Dengan rutin mengonsumsi K-Liquid Mixed Collagen Drink setiap hari, tubuh akan mendapatkan asupan kolagen yang cukup untuk dapat menjaga kesehatan, bukan hanya tulang dan sendi tapi juga kesehatan mata, gigi, otot, pembuluh darah, kuku serta menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit Anda.

K-Liquid Mixed Collagen Drink sangat aman dikonsumsi semua orang yang membutuhkan, wanita dan pria bahkan ibu hamil dan menyusui sekalipun karena kolagen yang terkandung dalam K-Liquid Mixed Collagen Drink  dari K-Link berasal dari Marine Peptida Collagen atau ikan laut dalam. Jadi sangat alami dan aman dikonsumsi oleh siapapun dalam kondisi apapun dan jangka panjang tanpa efek samping.

Tunggu apalagi ?

Jagalah kesehatan tulang dan sendi Anda agar dapat tetap bergerak bebas dengan rutin mengonsumsi K-Liquid Mixed Collagen Drink, minuman rasa leci dengan 3000mg kolagen. Tulang kuat sendi tetap lentur juga tubuh awet muda, menjadika hidup Anda jauh lebih bahagia. (Trisna/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Jangan Remehkan Tulang Belakang Anda