Anak Sering Pingsan ? Jangan Dianggap Remeh

Anak Sering Pingsan ? Jangan Dianggap Remeh
Pingsan merupakan sebuah keadaan kehilangan kesadaran yang disertai dengan postur lemah dan terjadi secara mendadak dan spontan. Pingsan pada anak memang tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi pingsan tertentu yang dapat membahayakan, terutama apabila hal tersebut sering terjadi.

Apakah anak Anda mudah pingsan? Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa anak saya mudah pingsan. Beberapa anak bisa pingsan akibat phobia sesuatu, ketika terlalu bersemangat atau ketika kelelahan. Pingsan merupakan hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba dan sering menyebabkan orang yang mengalaminya terjatuh. Kondisi yang memiliki istilah medis ‘sinkop’ ini termasuk kondisi yang umum terjadi.

Banyak faktor yang menyebabkan anak mudah pingsan, beberapa penyebab mungkin gejala suatu kondisi yang serius namun ada juga penyebab yang bukan merupakan kondisi yang serius. Namun untuk orang tua, sebaiknya mencari tahu penyebab anak anda mudah pingsan.
Penyebab :

1.    Sinkop Vasovagal (sinkop berarti tiba-tiba kehilangan kekuatan) adalah penyebab umum dari pingsan masa kanak-kanak. Ini terjadi sebagai respon terhadap ketakutan, stres, sakit luar biasa atau melihat sesuatu yang ditakuti. Denyut jantung menjadi lambat dan darah yang biasanya menuju ke otak berkurang menyebabkan anak pingsan.

2.    Hipotensi Postural atau Orthostatic
Hal ini disebabkan karena adanya perubahan posisi secara mendadak dari posisi tidur ke berdiri menyebabkan suplay darah sampai ke otak berkurang karena pembuluh darah dan detak jantung memerlukan proses adaptasi untuk mencukupinya.

3.    Aritmia (denyut jantung yang tidak teratur)
Bayangkan apabila irama jantung tiba-tiba melambat, tentu saja terjadi penurunan aliran darah di otak. Begitu pula jika jantung memompa darah terlalu cepat, pengisian ruang-ruang jantung menjadi tidak maksimal sehingga jumlah darah yang dipompa menjadi tidak maksimal.

4.    Kelainan jantung
Kelainan Jantung menyebabkan pingsan karena tidak cukupnya aliran darah menuju ke otak yang bersifat sementara. Organ jantung yang berfungsi untuk memompa darah, tidak mampu memenuhi kebutuhan oksigen otak. Gangguan kerja jantung dapat disebabkan karena adanya penyempitan atau sumbatan pada aliran darah, gangguan otot jantung, atau gangguan irama jantung (denyut jantung terlalu cepat atau terlalu lambat). 

5.    Anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang atau sedikit akibatnya kadar oksigen dalam darah sedikit. Hal ini akan menyebabkan pusing bahkan pingsan. Untuk mengatasi anemia maka bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi super tinggi.
Yang dirasakan oleh anak sesaat sebelum pingsan antara lain :

•    Detak jantung tak teratur
•    Sesak napas
•    Tiba-tiba (tidak ada tanda-tanda peringatan)
•    Penglihatan kabur, mati rasa atau kesemutan di bagian manapun dari tubuh
•    Pingsan lebih dari sekali dalam sebulan
•    Kesulitan dalam berbicara atau kehilangan lengan atau kaki gerakan setelah episode


Solusi
Bagi Anda, Mitra K-Link memiliki anak yang mudah pingsan sebaiknya harus selalu mengawasi asupan nutrisi dan aktifitas anak. Nutrisi yang masuk haruslah seimbang dengan aktifitas yang dimiliki oleh anak Anda. Dalam porsi makan, anak haruslah mendapat cukup karbohidrat, protein, serat, vitamin, serta mineral untuk menopang segala aktifitas.

Untuk melengkapi asupan nutrisi bagi si kecil, K-LINK memiliki rangkaian produk yang dapat membantu mengatasi kondisi anak tersebut. Produk-produk tersebut adalah;

•    K-Liquid Chlorophyll,
struktur pembentuk utama Chlorophyll sangat mirip dengan sel darah merah manusia. Sel darah merah ini berfungsi untuk meningkatkan pengikatan oksigen dalam darah, sehingga Chlorophyll juga dapat membantu peningkatan oksigen dalam darah. Dosis yang digunakan 3x1 sloki.

•    K-Liquid Organic spirulina, merupakan ganggang laut yang mengandung tinggi mineral dan protein yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Dosis yang digunkan 1x1 sachet sehari.

•    K-Kids Omega, dengan kandungan Omega 3, Vit A Vit D, dan Cod Liver Oil dapat membantu mningkatkan stamina dan system imun tubuh anak serta merangsang nafsu makan anak. Dosis yang digunakan 2x1-2 kapsul sehari.

Jika anak masih sering mengalami pingsan, sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya agar mendapat perawat secara tepat. Semoga membantu ! (Fina/Inggrid)