Pentingnya Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Pentingnya Nutrisi Untuk Ibu Hamil
Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini.

Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya kemungkinan tidak sehat dan dimungkinkan terkena komplikasi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisinya.
Asupan nutrisi banyak didominasi oleh makanan. Jika ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, ada baiknya menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsinya.


Pengertian Nutrisi Menurut Medis

Menurut para ahli medis pengertian nutrisi adalah berikut ini (*dari berbagai sumber) :
•   Nutrisi merupakan ikatan kimia yang diperlukan tubuh agar bisa menjalankan fungsi nutrisi tersebut sebagai sumber energi. Energi inilah yang akan membuat makhluk hidup bisa melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya.
•   Nutrisi adalah kebutuhan utama bagi pasien yang mengalami malnutrisi, pasien yang mengalami kritis nutrisi enteral.
•   Nutrisi merupakan sebuah proses yang terjadi pada tubuh manusia dimana tubuh manusia memerlukan makanan dalam pembentukan energi dan sumber kekuatan.
•   Nutrisi adalah zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ agar bisa menjalankan tugasnya secara normal.


Peran atau Fungsi Nutrisi

Berikut ini peran atau fungsi dari nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil :
-   Nutrisi yang ada pada protein berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah bagi janin dan ibu hamil. Ibu hamil yang kekurangan nutrisi terutama nutrisi protein akan mengalami anemia. Darah merah dalam ibu hamil dibagi menjadi dua yaitu untuk janin yang dikandungnya dan juga untuk dirinya sendiri. Jika kekurangan protein tentu ibu hamil akan mengalami anemia.
-   Nutrisi bermanfaat dalam pembentukan energi bagi ibu hamil. Dalam masa-masa ngidam, ibu hamil selalu menolak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, ibu hamil yang ngidam akan terasa lemas sepanjang hari. Hal itu dikarenakan ibu hamil kekurangan nutrisi berupa karbohidrat / zat energi. Agar tetap memiliki energi ibu hamil tetap dipaksa untuk makan makanan yang bernutrisi agar tidak lemas dan lesu.
-   Nutrisi yang ada pada Vitamin C bermanfaat dalam mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi bermanfaat dalam memproduksi sel-sel darah merah. Sehingga sel darah merah atau hemoglobin ibu hamil dalam jumlah yang cukup. Batas HB bagi ibu hamil minimal adalah 11,5.
-   Nutrisi bermanfaat bagi pembentukan gigi janin. Sehingga ketika bayi lahir nanti pertumbuhan giginya tidak akan terganggu atau tumbuh dengan lambat.
-   Nutrisi yang ditemukan pada Vitamin B sangat bermanfaat bagi pembentukan sistem jantung agar dapat berfungsi secara normal.


Ada beberapa kendala yang dialami oleh ibu hamil sehingga kebutuhan nutrisinya pun ikut turun yaitu ngidam, sehingga mengakibatkan kecukupan nutrisi nya pun ikut berkurang.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi, alamai dan aman pasti nya. K-Link Indonesia memiliki produk yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yaitu K- Liquid organic spirulina, K- Honey 5 in 1 dan K-C Susu Skim.
Masing-masing produk ini memiliki peran dan manfaat masing-masing.

K-Liquid Organic Spirulina mengandung protein yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah bagi janin.

K-Honey 5 in 1 mengandung vitamin dan mineral yang berperan dalam pembentukan sistem jantung dan pembentukan energi bagi ibu hamil.

K-C Susu Skim bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas bagi ibu dan membentuk daya tahan tubuh dini bagi sang calon buah hati.

Kombinasi yang lengkap untuk ibu hamil ini akan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesehatan bagi ibu dan calon bayi.


Ketiga produk ini dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan cara dicampur menjadi hidangan yang menyehatkan. Ayo hindari resiko kecacatan janin dengan memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat kehamilan. Nutrisi terpenuhi, kesehatan Ibu dan bayi terkendali. Salam sehat. (Angga AP/Inggrid)