Menopouse, Bagaimana Mempersiapkannya?

Menopouse, Bagaimana Mempersiapkannya?
Menopouse berasal dari kata "mens" yang berarti siklus menstruasi dan "pausis" yang berasal dari bahasa yunani yang artinya penghentian. Menopause adalah berhentinya masa kesuburan dan masa reproduksi wanita yang ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi seiring bertambahnya usia dan menurunnya hormon, dan biasanya terjadi pada usia sekitar 45-55 tahun.

Meskipun tidak dapat dihindari, namun ada cara yang dapat dilakukan para wanita untuk mempersiapkan diri menghadapi menopause tersebut dan mencegah terjadinya menopause dini, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Kendati pada umumnya wanita mengalami menopause pada rentang usia tersebut di atas, namun saat ini banyak sekali kejadian dimana seorang wanita mengalami menopause pada usia di bawah 45 tahun, hal ini tentu saja tidak normal dan dikenal dengan nama menopouse dini.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadinya menopause dini, misalnya:
1.    Gaya hidup
2.    Merokok
3.    Penyakit
4.    Dan faktor-faktor lainnya





Saat seorang wanita telah memasuki menopause, akan muncul banyak gangguan, antara lain:

Hot flases
Hal ini diakibatkan karena perubahan hormonal sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah untuk mendinginkan tubuh.

Priode menstruasi mulai berkurang
Jika lebih dari 12 bulan tidak mendapatkan menstruasi, seorang wanita dapat dikatakan telah menopause.

Menurunnya gairah seksual
Menurunnya hormon estrogen akan mempengaruhi gairah seksual dan sekresi cairan pada organ intim wanita.

Gangguan tidur

Sebagian wanita sering terbangun pada malam hari karena terjadinya efek hot flashes.

Gangguan mood
Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon, sehingga mengakibatkan seorang wanita menjadi lebih sensitif, emosional dan mudah tersinggung.


Meskipun tidak ada wanita yang menginginkan mengalami menopause, namun kondisi ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Karena itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi menopause, pada wanita dapat memenuhi segala nutrisi yang diperlukan agar tubuh dapat terus memproduksi hormon yang mengatur menstruasi dengan baik, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.



Minyak zaitun merupakan salah satu nutrisi alami dari alam yang telah terbukti mampu memperlambat terjadinya menopause dan menjauhkan dari resiko terkena menopause dini. Minyak zaitun mengandung lemak esensial yang mampu meregulasi thyroid, adrenal dan kelenjar pituitary, dimana ketiga hal ini berperan besar dalam menghasilkan dan menyeimbangkan hormon. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dengan kadar yang tinggi dimana hal ini dapat mengatur produksi estrogen yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi, laktasi dan proses pembentukan tulang.

Jadi sebelum masa menopause itu datang dan rasa sesal itu muncul, mulailah mengonsumsi minyak zaitun setiap hari secara rutin dari sekarang. Ingat, pilihlah minyak zaitun yang terbaik dan berkualitas tinggi seperti K- Desert Miracle Extra Virgin Olive Oil. (Jabbar/Marini)