9 Kebaikan Serat Yang Anda Harus Ketahui

9 Kebaikan Serat Yang Anda Harus Ketahui
Serat sangat baik bagi tubuh. Anda mungkin pernah mendengar hal itu sebelumnya. Tapi apakah Anda tahu mengapa serat begitu baik untuk kesehatan? Untuk megetahui manfaat serat lebih jauh, kali ini kita akan membahas tentang kebaikan serat bagi kesehatan tubuh Anda.

Makanan yang kaya akan serat terkadung dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Manfaat yang paling utama dalam mengonsumsi serat adalah untuk mencegah atau meringankan sembelit, sedangkan manfaat lainnya juga seperti membantu untuk menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Adapun manfaat serat antara lain sebagai berikut :


1.   Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat 5 porsi buah dan sayuran per hari dapat mencegah penyakit jantung. Serat merupakan elemen penting dari diet jantung sehat. Makan yang tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol dengan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Asupan serat yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Serat dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan mengurangi perut buncit.


2.   Pencegahan Kanker.
Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi serat akan menyerap sisa-sisa  makanan yang tertimbun dalam usus sehingga dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker terutama kanker pada saluran pencernaan.


3.   Menurunkan Kolesterol.
Serat yang terkandung dalam kacang-kacangan, gandum, dan oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah total yang lebih rendah dengan menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Serat mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan mencegah terjadinya plak yang dapat menyumbat arteri. Secara tidak langsung hal ini juga dapat menjaga kesehatan jantung serta mencegah terjadi hipertensi.


4.   Mencegah Batu empedu dan Batu Ginjal
Serat dapat mencegah insulin memasuki aliran darah selama proses pencernaan, yang merupakan kontributor utama pada penciptaan batu empedu dan batu ginjal.


5.   Menjaga Kesehatan Kulit
Serat sangat penting dalam membersihkan tubuh dari racun yang secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit. Serat akan mengikat kolesterol dan berbagai sisa pencernaan dari  usus. Berbagai sisa pencernaan didalam usus berpotensi menjadi racun yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh, tetapi paling jelas di kulit. Kulit yang sehat adalah hasil dari aliran darah yang baik ketika bersih dari racun.


6.   Mencegah Stroke
Studi menunjukkan bahwa semakin tinggi serat dalam diet menurunkan risiko stroke. Hal ini merupakan hasil akumulatif dari penurunan kolesterol, tekanan darah yang dibatas normal dan terjaganya fungsi jantung.


7.   Menjaga Berat Badan

Makanan tinggi serat cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dan lebih cepat kenyang. Selain itu, dengan makanan kaya serat akan memperlambat pengososngan perut sehingga memperlambat rasa lapar.


8.   Menjaga Kesehatan Pencernaan
Membantu menjaga kesehatan usus. Diet tinggi serat dapat menurunkan resiko terkena wasir dan konstipasi. Serat makanan menormalkan buang air besar dan membuat tinja lebih lunak. Sehingga hal ini dapat membantu meringankan dan mencegah sembelit dan diare. Makan banyak serat juga dapat mengurangi risiko untuk diverticulitis (radang usus), wasir, batu empedu dan batu ginjal. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu untuk menurunkan asam lambung dan mengurangi risiko untuk gangguan gastroesophageal reflux (GERD) dan bisul.


9.   Membantu dengan Diabetes
Pada penderita diabetes, serat dapat memperlambat penyerapan gula darah.


PT K-Link Indonesia memiliki sebuah produk yang kaya akan serat, K-Organic Biogreen yang merupakan salah satu sumber makanan kaya serat, mengandung 58 jenis sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, padi-padian dan lain-lain. Keunggulan K-Organic BioGreen ialah seluruh bahan yang terkandung diproses secara alami dan organik, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi serta kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Minumlah K-Organic BioGreen untuk menjaga kesehatan Anda. (Fina/Inggrid)