Gagal Jantung, Kenali Gejalanya Waspadai Serangannya

Gagal Jantung, Kenali Gejalanya Waspadai Serangannya
Penyakit jantung saat ini di derita tanpa mengenal usia, tidak hanya mereka yang sudah memasuki usia lanjut saja, tetapi juga sudah mengintai di usia muda. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda, itu sebabnya kenali gejalanya dan waspadai serangannya.

Meninggalnya Pandji Hilmansyah, putra dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti cukup mengejutkan, pasalnya Hilman meninggal di usia yang masih terbilang muda, 31 tahun. Hilman meninggal dalam keadaan tidur dan diduga karena penyakit gagal jantung yang notabennya banyak diderita pada mereka yang sudah lanjut usia. Gagal jantung adalah kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang tepat.

Walaupun penyakit ini bisa menyerang dengan sangat tiba-tiba tanpa memperlihatkan tanda-tanda, namun bukan berarti kita tidak dapat mengenali gejalanya. Rasa sakit pada dada yang diikuti sesak napas, darah di dalam dahak atau lendir, bertambahnya berat bada secara tiba-tiba, tubuh terasa lelah dan pembengkakan pergelangan kaki menjadi gejala awal terjadinya gagal jantung. Selain itu, beberapa orang akan mengeluhkan alami gangguan tidur selama satu bulan sebelum mengalami serangan jantung. Gejala ini juga dilengkapi dengan sering merasa lelah di siang hari. Untuk gagal jantung kronis, gejala berupa kondisi yang berlangsung tiba-tiba dan terjadi secara menahun.

Dari gejala-gejala tersebut, ada baiknya kita mewaspadai terjadinya penyakit ini. Salah satunya dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi. Salah satu produk terbaru PT K-Link Indonesia yaitu K-Olive Oil desert miracle merupakan salah satu suplemen kesehatan penunjang yang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah yang berarti mengurangi risiko terkena penyakit jantung. K-Liquid Chlorophyll dan K-Omega Squa Plus juga menjadi beberapa produk yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam mencegah terjadinya risiko penyakit ini.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari risiko terjadinya gagal jantung :

·         Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada batas sehat

·         Mengonsumsi makanan sehat yang cukup mengandung zat besi

·         Mengurangi konsumsi garam dan kafein

·         Berhenti merokok

·         Berolahraga secara teratur

·         Menurunkan berat badan, jika diperlukan

·         Mengurangi konsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi makanan /minuman tambahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.