5 Gejala Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui

5 Gejala Kanker Serviks Yang Harus Anda Ketahui
Pernahkah Anda mendengar penyakit kanker serviks? Ya, penyakit yang menyerang wanita ini memang menjadi momok tersendiri bagi kaum hawa. Kanker serviks biasanya timbul akibat infeksi Human Papiloma Virus yang dapat menimbulkan sel serviks. 

Lalu apa gejala dari penyakit Kanker Serviks? Kami sudah merangkum 5 gejala kanker serviks yang harus Anda ketahui, berikut informasi selengkapnya: 

Nyeri daerah panggul 
Pada tahap awal, gejala penyakit kanker serviks biasanya menyerang di sekitar wilayah panggul Anda. Hal ini terjadi karena gejala kanker serviks dapat mengiritasi saraf di sekitar panggul, sel inilah yang menyebar dan menyebabkan rasa sakit pada daerah panggul. 

Gangguan buang air kecil 
Sel kanker yang menyerang saluran kencing menjadi gejala lanjut yang akhirnya mengakibatkan gangguan saat buang air kecil. Terjadinya penyumbatan pada saluran kencing merupakan penyebab gangguan saat buang air kecil tersebut. Akibatnya, tidak jarang gejala kanker serviks yang satu ini juga menimbulkan masalah-masalah baru, salah satunya adalah penyakit gangguan ginjal. 

Keputihan 
Keputihan yang terjadi pada wanita terkadang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini ditimbulkan oleh organisme yang menyerang daerah vagina. Karena itu, bila Anda mengeluh adanya keputihan yang terus menerus terjadi, sebaiknya segera cek kesehatan vagina Anda ke dokter agar dapat mencegah timbulnya penyakit kanker serviks. 

Pendarahan Per Vaginam 
Pendarahan per vaginam yang dimaksud adalah pendarahan di sekitar area vagina yang dapat terjadi kapan saja. Pendarahan ini muncul karena mulai berkembangnya sel serviks pada daerah vagina sehingga menyebabkan daerah sekitar vagina tidak normal, rapuh, dan mudah berdarah. Sebelum hal ini terjadi, Anda dapat mencegah gejala ini dengan menjaga kebersihan daerah sekitar vagina dan menggunakan pembalut yang tepat. 

Pendarahan post-coital 
Salah satu keluhan yang sangat sering terjadi pada penderita kanker serviks adalah pendarahan post coital. Pendarahan ini terjadi biasanya setelah penderita berhubungan seksual. Dinding serviks si penderita yang memang sudah rapuh, menjadi rentan berdarah karena terjadinya gesekan. 

Menjaga kebersihan daerah vagina dan menjalankan pola hidup sehat merupakan cara yang dapat Anda lakukan agar tubuh Anda terhindar dari berbagai masalah penyakit salah satunya penyakit kanker serviks. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan ayo hidup sehat! (Abn/Marini)