Bijak Memilih Suplemen

Bijak Memilih Suplemen


Ribuan suplemen kini beredar di pasar Indonesia mulai dari yang bermanfaat sebagai antioksidan, suplemen untuk otot, vitamin dan mineral untuk tulang, sampai pencegah proses penuaan, dan masih banyak lagi. Jika kurang cermat memilah, kondisi ini tentu tak baik bagi kesehatan tubuh sekaligus kesehatan finansial Anda. Lantas bagaimanakah cara memilih suplemen yang baik?


Siapa Yang Membutuhkan?

Sebenarnya jika Anda menerapkan pola hidup sehat, makan 4 sehat 5 sempurna, rajin berolahraga, jarang stres, maka suplemen tidak diperlukan. Sayangnya, makanan yang kita konsumsi seringkali tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Misalnya kandungan nutrisi dalam telur. Para binaragawan, memerlukan protein dalam jumlah banyak dan dapat memperolehnya dari telur. Tetapi telur juga mengandung zat yang tidak mereka perlukan seperti lemak dan kolesterol sehingga mereka mengkonsumsi lemak tambahan yang tidak diperlukan. Di sinilah suplemen berperan untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga kesehatan kita tetap terjaga.

Mereka yang memiliki pola makan tak teratur, sehingga asupan vitamin dan mineral berkurang, juga membutuhkan suplemen. Juga para pekerja yang tidak sempat berolahraga secara teratur. Selain itu, suplemen yang tepat juga diperlukan untuk  mempercepat proses pemulihan bagi mereka yang baru sembuh dari  sakit.


Memilih Suplemen

Kebutuhan suplemen pada setiap orang tentu berbeda. Tergantung dari pola makan, gaya hidup, kebiasaan serta hasil yang ingin dicapai. Di tengah lingkungan dan makanan yang tidak sehat, terpaan radikal bebas, sebagian besar kita memerlukan antioksidan, seperti beta karoten, bioflavonoid, super oxyde dismutase (SOD), dan lainnya. Selain untuk melawan radikal bebas, antioksidan juga diperlukan untuk mencegah penuaan dini.

Bagi orang dewasa atau anak-anak yang kurang asupan sayuran atau serat, sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang kaya kandungan buah atau sayur seperti K-Liquid Chlorophyll, K-liquid Organic Spirulina  atau K-Organic Biogreen. Orang  yang bekerja dengan tingkat stres tinggi membutuhkan suplemen yang banyak mengandung vitamin B dan C. Karena saat tubuh dalam kondisi stres, vitamin B dan C cepat menguap, sehingga perlu cepat digantikan.

Sedangkan bagi mereka yang kerap menyantap junk food atau fast food, dianjurkan mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Sebab, makanan siap saji biasanya banyak mengandung lemak dan karbohidrat, namun minim vitamin dan mineral. Asupan zat gizi yang tidak seimbang dalam makanan sehari-hari beresiko mendatangkan gangguan proses pencernaan.

Yang juga tidak kalah penting adalah suplemen yang berasal dari hewani. Ikan mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti Omega 3, kolagen dan squalen. K-Omegasqua mengandung Omega 3 dan squalen, salah satu ekstrak minyak ikan yang sangat baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat dan baik untuk perkembangan otak janin bagi ibu hamil.

  

Bijak Memilih

Saat ini banyak suplemen, jamu dan kosmetik yang dipasarkan tanpa izin dan penandaan yang jelas, oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih suplemen. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, pilih suplemen yang telah memiliki nomor izin edar resmi dari Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan). Suplemen yang telah mendapatkan nomor POM berarti telah diperiksa dan aman untuk dikonsumsi.

Anda juga bisa memilih suplemen dari perusahaan dengan reputasi nasional atau internasional, yang memiliki standar mutu tinggi pada setiap produknya. Produk-produk K-LINK telah dipasarkan ke puluhan negara di seluruh dunia, sehingga mutu dan kualitasnya tidak diragukan lagi.

Kedua, perhatikan AKG (Angka Kecukupan Gizi). Jika Anda telah memperoleh sebagian gizi dari makanan, maka suplemen diperlukan untuk memenuhi sebagian lainnya. Saat ini ada banyak suplemen multivitamin megadosis atau dosis tinggi yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh. Pilihlah suplemen dengan kandungan gizi cukup, minum teratur sesuai takaran jauh lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen dosis tinggi tapi tidak teratur.

Terakhir, pilihlah suplemen dengan kandungan alami atau herbal. Suplemen alami diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan suplemen dari bahan kimiawi. Selain itu suplemen kimiawi dapat memperberat kerja hati (lever) dan atau ginjal kita. K-LINK berkomitmen untuk meningkatkan mutu kesehatan setiap orang dengan pelbagai pilihan produk alami berkualitas tinggi (SS/Midya)