Tangkal Bahaya Radikal Bebas

Tangkal Bahaya Radikal Bebas
Mitra K-LINK, pernahkah Anda mendengar himbauan hati-hati bahaya radikal bebas baik melalui   iklan suatu produk kesehatan atau kecantikan, artikel kesehatan, majalah dan lainnya? Dalam   himbauan yang disampaikan dijelaskan bila radikal bebas adalah ancaman yang sangat berbahaya   bagi kesehatan tubuh.  

Tapi apakah kita mengerti dan paham apa arti dari radikal bebas? Bagaimana radikal bebas dapat   mempengaruhi kesehatan dan kecantikan tubuh? Dan bagaimana cara mengendalikan bahaya   radikal bebas dalam tubuh? Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasinya kepada   Anda : 

Radikal bebas 

 


Radikal bebas adalah sekelompok zat kimia yang memiliki elektron tidak berpasangan karena   kehilangan atau mendapat elektron. Molekul radikal tersebut menjadi tidak stabil dan mudah   bereaksi terhadap molekul lain, termasuk zat-zat yang terdapat pada struktur sel manusia, seperti   protein, lemak, dan DNA.  Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul   lain. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Ketika radikal bebas menyerang   satu molekul, molekul yang awalnya netral tersebut akhirnya diubah juga menjadi radikal . Proses ini   menyebabkan reaksi berantai yang dapat menyebabkan kehancuran sel. Dapat dibayangkan jika   radikal bebas banyak beredar maka akan banyak pula sel yang rusak.  Radikal bebas bersifat reaktif, dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan adaptasi   sel, bahkan kematian sel sehingga menyebabkan timbulnya penyakit seperti : 

1. penyakit liver 
2. jantung koroner 
3. kanker 
4. diabetes 
5. katarak 
6. berbagai proses penuaan dini.  
7. Penyakit Neurodegeneratif (Alzheimer, Dimensia / pikun) 
8. Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah) 

Radikal bebas yang ada di tubuh manusia berasal dari 2 sumber yakni endogen (dari dalam tubuh)   dan eksogen (dari luar tubuh). Eksogen yang berasal dari luar tubuh seperti polusi udara, radiasi UV, sinar-X, pestisida, asap rokok dan lainnya. Radikal bebas endogen adalah radikal bebas yang berasal   dari dalam tubuh sendiri seperti autoksidasi, oksidasi enzimatik, sisa metabolisme dan sisa hasil   pernapasan. 

Untuk menangkal bahaya radikal bebas diperlukan antioksidan, yaitu substansi yang diperlukan   tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal   bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan   melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi   berantai dari pembentukan radikal bebas. Tubuh manusia, sesungguhnya dapat menghasilkan   antioksidan tetapi jumlahnya sering sekali tidak cukup untuk menetralkan radikal bebas yang masuk   ke dalam tubuh. 

Antioksidan dapat didefinisikan sebagai suatu zat yang dapat menghambat/memperlambat proses   oksidasi. Antoksidan dapat diperoleh dari berbagai jenis sayur dan buah-buahan, namun masih   belum mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh kita. 

Anda tidak perlu khawatir, K-Link Indonesia hadir dengan berbagai macam suplemen yang   mengandung tinggi antioksidan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pilihan produknya   antara lain: 
  • Epicor
  • Propolis platinum
  • K-Liquid Spirulina
  • OmegaSqua
  • Rooibost Tea Golden Valley
  • K-Liquid Collagen
  • Riddance
  • Gamat Extract Emulsion 
Isi waktu Anda dengan berbagai kegiatan yang menyehatkan dan konsumsi makanan yang dapat   membantu tubuh Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang bisa saja menyerang   kapanpun dan dimanapun. Semoga bermanfaat, dan ayo hidup sehat! (Fina)