Anak yang Sehat = Keluarga yang Sehat

Anak yang Sehat = Keluarga yang Sehat

Dengan anak-anak kembali ke sekolah, semua orang tua di seluruh negeri dalam kondisi siaga tertinggi dan berharap keluarga mereka tetap sehat karena musim hujan akan segera datang. Tapi, bukan hanya berharap; ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ambil untuk mencegah virus yang jahat menginfeksi orang-orang dalam rumah Anda. Dan, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan anak-anak Anda.

Selama periode sekolah, anak-anak Anda berada di puncak daftar untuk sejumlah 'kontak sosial' per hari, membuat mereka paling beresiko untuk tertular infeksi. Sebuah "kontak sosial" didefinisikan sebagai percakapan tatap muka yang dilakukan dalam jarak sekitar enam kaki atau bersentuhan secara fisik dengan orang lain.

Jangan putus asa! Berikut adalah lima hal penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi seluruh keluarga Anda selama musim yang akan datang:

Tangan bersih

Kedengarannya begitu sederhana, namun sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa hanya sekitar 5% dari anak-anak di seluruh dunia mencuci tangan mereka dengan benar. Jadi, mengajar anak-anak Anda untuk mencuci tangan mereka dengan seksama (menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali adalah ukuran yang tepat dari lama waktu yang disarankan untuk mencuci tangan) adalah cara yang bagus untuk menjaga mereka dari berbagi kuman yang tidak diinginkan yang berasal dari banyaknya "kontak sosial" mereka. Tidak hanya "bagaimana" tapi juga "kapan" sangat penting saat mencuci tangan. Waktu yang paling utama adalah saat sebelum dan setelah makan makanan, setelah menggunakan peralatan bermain, setelah menggunakan kamar kecil dan setelah batuk atau bersin.

Dan itu berlaku untuk Anda juga. Perlu diingat bahwa tangan Anda sendiri juga sering membawa kuman yang tidak diinginkan ke dalam tubuh, sehingga menjaga tangan Anda bersih adalah sama pentingnya - meskipun Anda tidak sedang sakit saat ini. Tanpa tangan yang bersih, Anda benar-benar bisa menjadi orang yang menginfeksi anak Anda, bukan sebaliknya.

Air bersih

Tentu saja, di luar Kita tidak punya banyak pilihan untuk kualitas udara yang kita hirup. Jika Anda beruntung dan tinggal di pedesaan, kualitas udara disana akan jauh lebih baik daripada Kota besar seperti Jakarta. Namun, apa yang dapat kita kontrol adalah kualitas udara di rumah kita (dan mobil). Jika Anda menggunakan unit AC secara rutin, pastikan filter udara dibersihkan/diganti pada waktu yang dianjurkan; ini tidak hanya meningkatkan kualitas udara, tapi juga membantu unit AC berjalan lebih efisien. Namun, beberapa orang ada juga yang tidak memiliki atau menggunakan unit AC; untuk mereka yang terpenting adalah menjaga aliran udara bergerak di seluruh rumah. Jika Anda menggunakan kipas angin, jangan memakainya dengan langsung mengarahkan kepada tubuh Anda karena hal ini dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Permukaan yang bersih

 

Menjaga kebersihan rumah adalah cara lain yang sangat baik untuk membantu menghindari penyebaran kuman di antara anggota keluarga, terutama ketika sama-sama sering menyentuh permukaan seperti tombol-tombol pintu, pegangan laci, lemari es, lampu dan bak cuci piring. Pastikan untuk menjaga semua permukaan ini tetap bersih dengan menggunakan pembersih atau tisu antibakteri, dan jika Anda melihat ada barang yang sering digunakan bersama di rumah, misalnya remote control atau komputer keluarga, sering-seringlah dibersihkan.

Untuk membantu memudahkan semua orang, maka masukkan kegiatan membersihkan barang-barang tersebut ke dalam rutinitas malam hari Anda. Berikan tugas kepada setiap orang yang tidak sakit (Molly membersihkan gagang pintu, Ayah membersihkan alat-alat elektronik dan Anda sendiri membersihkan switch lampu) sehingga hal itu dapat dilakukan dengan cepat dan yang lebih penting- secara konsisten.

Perlu diketahui bahwa beberapa mainan favorit dan boneka binatang yang sering dimainkan bersama oleh anak-anak juga dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci piring atau mesin cuci (dalam air panas) untuk membantu mengurangi kuman dan bakteri lainnya.

Makan dengan Bersih

Selama musim hujan tropis cuaca sedikit dingin jadi penting untuk menambahkan satu atau dua makanan panas pada menu yang ada untuk keluarga. Mengingat anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu di luar, jumlah vitamin D yang mereka dapatkan akan berkurang, oleh karena itu Anda harus berpikir tentang bagaimana memasukkannya ke dalam makanan harian mereka.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar sangat penting dalam membantu menjaga keseimbangan yang sehat dalam tubuh. Langkah lainnya untuk menuju ke arah yang benar, dan salah satu cara yang sering direkomendasikan, adalah mengurangi atau menghilangkan gula olahan, perasa, warna serta pengawet buatan, dan mengurangi karbohidrat olahan yang telah terbukti berkorelasi dengan kinerja kognitif yang buruk pada anak-anak dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

Namun, bagi beberapa orang tidak bisa makan sehat setiap hari, mungkin akan terbantu apabila Anda dapat melengkapi makanan harian keluarga Anda dengan suplemen untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan berkerja dengan baik. Mulailah dengan mencari sebuah suplemen makanan yang telah terbukti dengan hasil yang efektif, produk tersebut termasuk K-Kids, yang merupakan sumber gizi lengkap yang mengandung kandungan seimbang minyak hati ikan, omega 3, Vitamin A dan Vitamin D, K-EpiCor, yang telah terbukti aktif memperkuat pertahanan kekebalan tubuh, meningkatkan perlindungan antioksidan dan mendukung kesehatan usus yang baik serta K-BioBgreen Organik, yang membantu membersihkan, mendetoksifikasi dan meremajakan tubuh; sambil membantu fungsi organ vital tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Kosongkan Jadwal

Selama musim hujan cobalah untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu seperti yang biasanya Kita lakukan, hal ini dapat memberikan manfaat tambahan dimana lebih banyak waktu berkualitas bagi keluarga dengan meluangkan waktu bersama dalam rumah yang nyaman. Bila Anda tetap harus pergi keluar, terutama anak-anak, pastikan mereka sepenuhnya siap meninggalkan rumah dengan kemungkinan hujan; seperti payung dan jaket atau sweater tentunya akan lebih baik daripada kemeja yang basah.