Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa
Saat menjalankan ibadah puasa, beberapa penyakit seperti maag sangat rentan menyerang tubuh   kita karena berkurangnya asupan makan yang kita terima. Dimana hal tersebut dapat menimbulkan beberapa permasalahan yang bisa saja mengganggu aktivitas Anda selama menjalankan ibadah   puasa. 

Salah satu masalah yang kerap timbul saat menjalankan puasa ialah penyakit maag yang sering   kambuh. Penyakit maag sendiri merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadinya   pembekakan, peradangan dan iritasi pada lapisan lambung. Sehingga, untuk orang yang mempunyai   riwayat penyakit maag memang sangat rentan kambuh saat menjalankan ibadah puasa. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar maag Anda tidak kambuh saat menjalankan ibadah puasa?   Kami memiliki beberapa cara yang mungkin dapat dicoba agar maag yang Anda derita tidak kambuh   saat berpuasa. Berikut beberapa tipsnya : 

Berbuka puasa tepat waktu 



Saat waktu berbuka puasa tiba, segeralah berbuka dan jangan menunda. Saat berbuka, makanlah   makanan yang manis secukupnya, hal ini penting karena untuk menormalkan kadar gula dalam   tubuh Anda yang dapat menimbulkan maag saat menjalankan ibadah puasa. 

Jangan langsung makan besar 



Saat mengawali berbuka puasa, janganlah langsung menyantap makanan yang memiliki bobot yang   besar, seperti nasi beserta lauk pauknya. Awali dengan sedikit buah, atau makanan manis lainnya   agar kadar gula dan cairan tubuh kembali ke posisi normal setelah seharian berpuasa. 

Perbanyak makan makanan berserat saat sahur
 



Saat sahur, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak serat. Hal ini berfungsi   saat pengosongan lambung berjalan lebih lambat yang dapat berguna agar penyakit maag Anda   tidak kambuh saat siang atau sore hari selama menjalankan ibadah puasa. Makanan yang   mengandung banyak serat dapat Anda temui pada buah dan sayuaran. Sehingga mengkonsumsi   buah dan sayur saat sahur sangat baik untuk menghindari kambuhnya penyakit maag saat berpuasa. 

Hindari minuman berkafein

 

Hindari minuman yang mengandung kafein saat sahur dan berbuka, hal ini dapat membantu agar   asam lambung dalam tubuh Anda tidak naik. Asam lambung yang cepat naik dapat menyebabkan   maag kambuh secara tiba-tiba.  


Beberapa cara di atas merupakan cara yang umum dilakukan agar puasa yang Anda jalankan tidak   terganggu oleh penyakit maag yang bisa saja tiba-tiba menyerang. Jika menurut Anda cara yang kami   berikan sulit untuk diterapkan, ada cara yang lebih mudah agar maag tidak kambuh saat berpuasa,   yaitu dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan. K-Link Indonesia memiliki beberapa suplemen   yang dapat dikonsumsi untuk mencegah maag kambuh saat menjalankan ibadah puasa, antara lain: 
Jaga terus kesehatan saat menjalankan ibadah puasa, agar tidak mengganggu ibadah serta aktivitas   Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat dan ayo hidup sehat! (Abn)