Peran Nutrisi untuk Kurangi Gejala Autisme pada Anak

Peran Nutrisi untuk Kurangi Gejala Autisme pada Anak
Gejala autis bisa kita deteksi sejak anak berusia sekitar 18 bulan. Semakin Anda mengetahui gejalanya sejak awal, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengobatinya. Pengobatan yang cepat dapat mengurangi efek gangguan dan dapat membantu anak autis belajar, berkembang dan tubuh. 

Autisme dan berbagai spektrum autisme adalah gangguan perilaku pada anak yang paling banyak diperhatikan dan memiliki kecenderungan peningkatan yang signifikan. Kata autis sendiri berasal dari bahasa Yunani "auto" yang berarti “sendiri” yang ditujukan pada seseorang yang menunjukkan gejala "hidup dalam dunianya sendiri”. Beberapa laporan ilmiah baik di dalam maupun di luar negeri menunjukkan angka kejadian autisme terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Penyebab autisme hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Walaupun telah diyakini oleh beberapa peneliti sebagai kelainan anatomis pada otak yang terjadi secara genetik, namun beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa keluhan autisme juga dapat dipengaruhi dan diperberat oleh manifestasi makanan. Kekurangan nutrisi dan paparan merkuri atau logam berat dapat mengubah fungsi saraf dan meningkatkan stres oksidatif pada anak autisme, oleh Karena itu peran nutrisi sangat diperlukan untuk membantu proses plastisitas neuronal. 

Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasif yang kompleks, biasanya muncul pada anak-anak terutama usia 1 – 3 tahun akibat adanya kelainan biologis dan neurologis pada otak termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan kekebalan tubuh. Ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Pada umumnya penderita autisme mengacuhkan suara, penglihatan ataupun kejadian yang melibatkan mereka.

Peran Nutrisi



Secara ilmiah sudah dibuktikan bahwa sel-sel saraf otak, termasuk neurotransmitter, memiliki kaitan langsung dengan nutrisi dari makanan dan malnutrisi atau defisiensi zat-zat gizi tertentu dapat menyebabkan gangguan pemusatan perhatian (inattention), perilaku hiperaktif dan impulsif akibat berkurangnya kadar serotonine, dopamine, noreepinephrine dan acetylcholine,merupakan neurotransmitter otak yang berfungsi untuk mengendalikan perilaku, konsentrasi dan suasana hati.

Walaupun begitu, selama ini juga sering terjadi trial and error dalam menentukan nutrisi optimal dan kadar dosis yang tepat untuk setiap anak karena tingkat sensitivitas dan toleransi antar individu berbeda satu dengan lainnya. Karena itu dianjurkan pemberian dimulai dengan dosis rendah ditingkatkan secara perlahan. Perbaikan atau penurunan gejala biasanya dapat dilihat dalam waktu antara 1-3 minggu  

Selain itu, terapi nutrisi dapat menunjang proses detoksifikasi logam berat yang sering dijumpai pada anak autisme, selain itu diperlukan juga suplemen makanan berupa vitamin B6 dan magnesium, zinc (zat besi), asam amino, asam lemak essential, vitamin C dan E, vitamin A, selenium dan kalsium.  K-Link Indonesia memiliki suatu produk yang dapat mencukupi nutrisi dan suplemen di dalam tubuh. K-Liquid Organic Spirulina merupakan minuman yang kaya nutrisi yang berasal dari ganggang hijau biru yang kaya protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

K-Link Indonesia memiliki suatu produk yang dapat mencukupi nutrisi dan suplemen di dalam tubuh. K-Liquid Organic Spirulina merupakan minuman yang kaya nutrisi yang berasal dari ganggang hijau biru yang kaya protein, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.



K-Liquid Organic Spirulina merupakan supplemen untuk kesehatan, energi dan vitalitas karena mengandung sedikitnya 12 vitamin, 11 mineral, 18 asam amino esensial dan non esensial, 14 asam lemak esensial dan non esensial serta pigmen penting lainnya.  

K-Liquid Organic Spirulina
adalah tumbuhan Mikro Ganggang yang telah hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu.  K-Liquid Organic Spirulina merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada.  

K-Liquid Organic Spirulina  adalah sumber nutrisi 100% alami dan merupakan makanan yang bersifat alkali. Agar tubuh tetap sehat sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan sehari-hari dengan proporsi seimbang antara 80% makanan ber-alkali dan 20% makanan bersifat asam. Tubuh yang sehat mengandung alkali yang rendah (PH 7.3 - 7.4).  Kenali gejala autis anak Anda agar cepat diatasi agar dapat memberikan perkembangan yang positif, dan berikan mereka perilaku yang sama dengan anak-anak biasa lainnya. Semoga bermanfaat!