Cegah Diri Dari Penyakit Meningitis

Cegah Diri Dari Penyakit Meningitis
Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar meninggalnya komedian terkenal Olga Syahputra, berita tersebut menjadi headline beberapa surat kabar sepekan terakhir. Diduga meninggalnya komedian bernama asli Yoga Syahputra dikarenakan penyakit meningitis yang telah lama diderita pelawak berumur 32 tahun tersebut.

Penyakit meningitis memang penyakit yang kurang familiar terdengar bagi sebagian orang, padahal penyakit ini bila tidak segera diobati akan sangat berbahaya. Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang lebih dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh Manusia.

Kita sendiri dapat menangkal penyakit ini dengan berbagai cara, berikut tips dari kami bagaimana cara mencegah penyakit meningitis;

Hindari Gigitan Nyamuk

 


Nyamuk dapat membawa virus yang tidak jarang membahayakan kesehatan kita. Sehingga gigitan nyamuk merupakan salah satu pembawa virus yang dapat menyebabkan penyakit meningitis. Anda  dapat menghindari gigitan nyamuk dengan cara membersihkan lingkungan disekitar seperti membersihkan selokan, atau melakukan fogging dibeberapa titik yang menjadi sarang dari nyamuk.

Vaksinasi

 


Penyakit meningitis umumnya disebabkan virus seperti cacar air, polio, gondok, campak, rubella dan rabies. Sehingga mendapat vaksin sejak dini sangat penting untuk menghindari virus-virus tersebut dan menghindarkan dari meningitis.

Mencuci Tangan

 


Menjaga kebersihan harus berawal dari diri sendiri, salah satunya adalah membiasakan diri mencuci tangan. Karena dengan membiasakan diri mencuci tangan akan membuat Anda terhindar dari beberapa virus yang kadang tanpa kita sadari menempel di tangan kita termasuk virus meningitis.

Cuci Baju Anda Secara Bersih



Apabila Anda bersinggungan secara langsung dengan penderita meningitis, bisa jadi virus meningitis dapat menempel pada tubuh Anda. Untuk itu, cuci baju Anda secara bersih, gunakan pembersih baju yang mampu mengangkat virus-virus yang menempel pada pakaian Anda. Gunakan produk pencuci pakaian yang mengandung enzim protease yang berguna untuk mempercepat reaksi pengangkatan kotoran dan mampu bekerja di suhu yang rendah.

Pada dasarnya, menjaga kebersihan dari luar ataupun dalam mampu menangkal penyakit meningitis yang sangat berbahaya, sehingga dibutuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan dilingkungan dan diri sendiri. Jangan ragu untuk hidup bersih, karena dari kebersihanlah awal dari kesehatan.  (Abn)