Tips Menjaga Kualitas Tidur

Tips Menjaga Kualitas Tidur
Mitra K-LINK, tidur merupakan istirahat alami yang dibutuhkan setiap makhluk hidup, bagi manusia tidur sangat penting bagi kesehatan. Tidak sedikit orang yang memandang remeh pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.  

Namun tahukah Anda, saat Anda tidur proses perbaikan sel-sel tubuh terjadi, dari situlah dapat kita tarik kesimpulan betapa pentingnya tidur bagi kesehatan tubuh manusia. Banyaknya gangguan seperti suara yang bising, pancaran cahaya, udara yang terlalu panas atau udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan kualitas tidur Anda menjadi terganggu.

Sehingga keesokan harinya saat Anda terbangun tubuh Anda akan terasa tidak nyaman. Lalu bagaimana agar kulitas tidur kita terjaga? Kami memiliki beberapa cara agar tidur Anda lebih berkualitas yang mampu menjaga kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa tips singkat dari kami;  

Lingkungan Tidur Yang Nyaman



Sulit tidur karena disebabkan oleh perut yang kosong, rasa sakit dan linu berkepanjangan dan suhu dalam ruangan tidur Anda terlalu panas atau terlalu dingin, dapat menghambat kita untuk cukup santai saat tertidur. Oleh sebab itu buatlah lingkungan tidur Anda lebih nyaman, manjakan diri Anda dengan suasana yang tenang sehingga mempermudah Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.  

Membiasakan Diri Untuk Bangun Secara Teratur



Penting sekali untuk membiasakan diri untuk menerapkan pola tidur yang teratur, terutama bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Pola tidur yang tidak teratur mampu mengganggu proses perbaikan sel-sel tubuh yang terjadi dalam tubuh kita saat tidur. Sehingga sangat membahayakan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Jauhkan Sumber Suara dan Cahaya Berlebihan




Saat Tidur  Bunyi bising di malam hari yang mengganggu seperti, suara TV, Radio, lalu-lintas, menjadi salah satu sumber suara yang umum yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Walau kadang suara tersebut tidak membangunkan kita saat tidur, namun suara-suara tersebut mampu mengganggu  kualitas tidur Anda. Bukan hanya suara-suara bising yang mengganggu, cahaya dalam ruangan saat Anda tidur juga dapat merusak kualitas tidur Anda. Tidak salah memang menyalakan lampu saat Anda tidur namun jangan berlebihan atau terlalu terang.  

Buat Diri Anda Rileks Sebelum Tidur



Idealnya Anda dapat tidur dengan kondisi tenang serta jauh dari fikiran yang mengganggu. Jadi, sebelum Anda tidur buatlah diri Anda rileks dan jauh dari fikiran banyaknya pekerjaan yang membuat Anda penat. Lakukan kegiatan santai 30 menit sebelum Anda tidur seperti, Menonton TV, mendengarkan musik atau membaca buku yang membuat Anda lebih tenang dan santai.    


Tidur yang berkulitas tidak diukur dari durasi Anda tidur, namun tidur yang berkuailtas adalah tidur yang membuat Anda lebih fresh dan lebih baik keesokan harinya. Semoga tips yang kami berikan dapat membuat tidur Anda lebih berkualitas dan sehat, Have a nice day. (Maulana)