Tetap Bugar di Usia Lanjut

Tetap Bugar di Usia Lanjut
Siapa bilang usia lanjut menjadi waktunya untuk bermalas-malasan bahkan mengabaikan kesehatan? Justru di saat usia lanjut itulah, dibutuhkan kesabaran dalam merawat dan menjaga tubuh agar tetap senantiasa sehat dan bugar. Hal itu disebabkan karena saat memasuki usia lanjut banyak perubahan yang terjadi, tidak hanya perubahan pada penurunan kualitas organ tubuh, namun juga mengalami banyak perubahan secara emosional.

Lantas, bagaimana cara agar tetap bugar dan sehat saat memasuki usia rentan tersebut? Kami memiliki beberapa tips agar tetap sehat dan bugar saat memasuki usia lanjut :


Hindari Stres 



Setiap jaringan di dalam tubuh dikendalikan oleh suatu interaksi kompleks bahan-bahan kimiawi yang beredar dalam aliran darah dan hormon-hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar endokrin yang dikendalikan oleh kelenjar utama yang berada di otak. Sehingga proses-proses intelektual dan emosi yang terjadi di dalam otak dapat mempengaruhi tubuh kita. Ketegangan, kecemasan, stres, emosi pasif seperti berkabung, merasa gagal, amarah yang ditekan menghasilkan hormon-hormon yang menekan sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu pengendalian stres sangatlah penting untuk menuju hari tua yang sehat dan tetap berkualitas. Percayalah, menghindari diri dari stres adalah cara terbaik agar tubuh tetap dalam keadaan bugar serta sehat tanpa terserang penyakit apapun.

Aktifitas Fisik Secukupnya 




Walaupun di usia lanjut cenderung tidak terlalu bisa melakukan banyak aktifitas secara fisik, namun aktifitas fisik dengan skala ringan harus tetap dilakukan untuk mencegah terjadinya penurunan massa otot. Selain itu, adanya aktifitas fisik juga dapat membuat denyut jantung lebih maksimal. Yang perlu diingat, meskipun aktifitas fisik tetap dilakukan namun jangan melakukan kegiatan tersebut secara berlebihan, lakukan olahraga ringan misalnya jalan di pagi hari, bersepeda santai atau senam.


Hindari Merokok dan Alkohol 




Tembakau banyak dihubungkan dengan peningkatan terjadinya arterosklerosis, kanker, penuaan dini dan penyakit degenerative seperti penyakit jantung, jadi sebaiknya sebisa mungkin jauhkan diri dari kebiasaan merokok dan meminum alkohol. 

Pasalnya, jika kedua kebiasaan tersebut masih sering dilakukan, saat lanjut usia nanti dipastikan tubuh Anda akan terserang banyak penyakit yang timbul akibat kebiasaan buruk tersebut, dan tahukah anda bahwa kebiasaan merokok dapat membuat seseorang terlihat lebih tua 10 tahun dari usianya dan menjadikan wajah terlihat kusam.


Cek Kesehatan Minimal Sebulan Sekali



Cek kesehatan dilakukan untuk mengetahui perubahan yang terjadi dalam tubuh, seperti berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan sebagainya. Jadi, jika sesuatu yang tidak baik terjadi dalam tubuh, apabila cek kesehatan dilakukan, maka Anda pun bisa jauh lebih siap untuk mengatasi berbagai kemungkinan penyakit yang menyerang. Konsultasikan kepada Dokter apa saja keluhannya, lalu mintalah saran agar kesehatan tetap terjaga.


Jaga Pola Makan 




Pernah dengar slogan You are what you eat? Ya, slogan itu memang benar adanya, bahwa Anda akan terlihat dari apa yang Anda makan dan akan terlihat pada kesehatan Anda bahkan ketika mulai menua. Jadi, sangat penting menjaga pola makan dan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi.  Usia diatas 60 tahun sangat mudah terkena berbagai penyakit antara lain: Diabetes melitus, Hipertensi dan Osteoporosis. Maka dari itu, untuk pencegahan awal pilihlah makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan serta daging merah. Hindari makanan yang keras, padat, dan terlalu asin, asam atau manis.

Semoga bermanfaat, Have a nice day, mitra K-LINK.