Mitos dan Fakta Seputar Persendian

Mitos dan Fakta Seputar Persendian

Sistem rangka tubuh pada manusia terdiri dari tulang, otot, dan persendian yang dibantu oleh tendon, ligamen, dan tulang rawan. Sistem ini memungkinkan Anda untuk duduk, berdiri, berjalan atau melakukan kegiatan lainnya, dalam aktivitas sehari-hari. Sendi adalah tempat bertumpunya 2 tulang, dan berperan dalam mempertahankan kelenturan tubuh saat bergerak.

            Oleh sebab itu jika sendi mengalami gangguan fungsi atau kerusakan dapat mengakibatkan kekakuan pada persendian, radang, dan rasa nyeri yang hebat. Umumnya kerusakan paling banyak disebabkan oleh asam urat. Asam urat berasal dari senyawa purin, yang di dalam tubuh diubah menjadi asam urat. Konsumsi purin yang berlebihan, menyebabkan menumpuknya kristal asam urat di sendi sehingga  mengakibatkan nyeri pada sendi, bengkak dan meradang.

Penyebab lainnya adalah berkurangnya cairan sinovial pada sendi, yang bertindak sebagai pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang bergesekan dan saling mengikis. Kurangnya cairan sinovial, mengakibatkan pertemuan dua tulang bergesekan yang menimbulkan rasa nyeri yang hebat, radang, dan kaku. 

 

      Beberapa mitos dan fakta seputar penyakit persendian :

 

1.     Mitos : Sering mandi malam akan memicu rematik.

Fakta : Belum ada bukti yang menguatkan anggapan mandi malam menyebabkan rematik. Mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik. Pada penderita rematik, mandi dengan air dingin memang dapat menyebabkan kekakuan otot, yang menekan sendi sehingga menimbulkan rasa sakit.

2.     Mitos : Makan bayam atau kangkung menyebabkan rematik.

Fakta : Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan bayam atau kangkung dengan resiko rematik. Bahan makanan yang harus dihindari penderita rematik adalah makanan dengan kandungan purin seperti jeroan, seafood, dan kacang-kacangan.

3.     Mitos : Semua penyakit rematik disebabkan asam urat.

Fakta : Banyak orang dengan asam urat tinggi, tidak menderita rematik. Yang menyebabkan rematik adalah asam urat yang menumpuk di sendi dan membentuk kristal.

4.     Mitos : Penyakit rematik hanya mengincar lansia.

Fakta : Rematik menyerang semua orang, baik tua atau muda, pria atau wanita tergantung pada jenis rematiknya.

5.     Mitos : Penyakit rematik adalah penyakit keturunan.

Fakta : Rematik tidak selalu diturunkan dari orang tua ke anak, namun ada kecenderungan faktor keluarga yang dapat menyebabkan resiko rematik seperti pada artritis reumatoid dan lupus eritematosus sistemik.

  1. Mitos : Sakit pada tulang di malam hari adalah gejala rematik.

Fakta : Gejala ini tidak terbatas hanya pada malam hari, rematik bisa menyerang kapan saja, dengan gejala seperti pegal dan nyeri di sekitar sendi, peradangan sendi (merah, bengkak, panas, dan sulit digerakkan).

       Penyakit sendi, dalam tingkat parah dapat menimbulkan kecacatan permanen, ketidakmampuan, dan penurunan kualitas hidup. Mencegah sejak awal perlu dilakukan agar aktivitas Anda sehari-hari berjalan lancar dan tetap hidup sehat yang berkualitas.

      K-AyuArtis, merupakan suplemen untuk kesehatan sendi Anda. Mengandung  berbagai herbal berkhasiat yang telah teruji sebagai makanan sehat untuk persendian. K-AyuArtis, adalah salah satu produk Ayurveda yang bekerja meringankan nyeri persendian, anti peradangan sendi, meningkatkan pengeluaran toksin seperti asam urat. Kandungannya mencegah degenerasi sendi dan menguatkan jaringan penghubung tulang, dan meningkatkan produksi cairan sinovial yang mulai berkurang.

K-AyuArtis tidak menimbulkan efek samping dan tidak menyebabkan iritasi lambung seperti pada obat-obat sintetik untuk terapi rematik yang meningkatkan produksi asam lambung sehingga mengiritasi lambung. K-AyuArtis sangat efektif untuk mengatasi rematik, gout yang disebabkan asam urat, keseleo, sakit pinggang, dan keluhan sendi lainnya. Konsumsi K-AyuArtis 2x sehari sebanyak 2 kapsul setiap harinya terbukti memberikan solusi bagi kesehatan sendi Anda. K-AyuArtis, makanan tepat untuk memelihara sendi tetap sehat. Silakan klik di  http://www.k-link.co.id//product/det/8/K-Ayurveda-AyuArtis untuk informasi lebih lanjut mengenai K-AyuArtis (PSP/Midya).