Nutrisi Sehat Selama Diet

Nutrisi Sehat Selama Diet


Perayaan tahun baru 2015 baru saja Kita lewati. Biasanya, perayaan pun identik dengan berbagai macam hidangan untuk menyambut datangnya tahun baru tersebut. Sayangnya,  makanan yang disajikan itu rata-rata mengandung kalori dan lemak tinggi. Ditambah lagi adanya penggunaan garam, gula dan bumbu penyedap yang berlebihan agar makanan terasa lebih enak.

Setelahnya, perut pun terasa penuh, badan menjadi lemas dan kepala pusing. Tidak hanya itu, kalori serta lemak berlebih yang terkandung dalam semua makanan tersebut membuat perut buncit dan berat badan bertambah. Kini saatnya Kita mengurangi efek pasca pergantian tahun tersebut dengan berdiet, tentunya penting untuk diketahui bahwa diet dilakukan tidak hanya sekedar untuk mendapatkan postur tubuh ideal.

Diet yang sehat adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh sehat. Terlalu kurus maupun terlalu gemuk keduanya merupakan faktor resiko terjadi penyakit. Diet sehat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan. Diet sehat juga dapat membantu tubuh kita mengoptimalkan tingkat energi yang berguna untuk mengatasi masalah stres.

Arti Diet Sehat

Diet sehat adalah mengatur pola makan dengan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi secara seimbang dengan memilih menu yang mengandung :   

  • Banyak serat sayuran.
  • Karbohidrat kompleks.
  • Vitamin, mineral, enzim.
  • Minyak tidak jenuh yang dapat menjaga keseimbangan level kolesterol dalam darah.

Pada dasarnya makanan merupakan sumber energi bagi manusia dan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan adalah karbohidrat, gula, serat, protein, dan lemak, dan juga vitamin serta mineral. Diet seimbang berarti tidak ada makanan yang dilarang, mengingat setiap makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun beberapa jenis makanan harus dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak. Misalnya sayur, buah, daging tanpa lemak dan ikan. Beberapa jenis lainnya perlu dikonsumsi tapi dalam jumlah sedikit, seperti makanan berlemak, bersantan dan minyak. 

Umumnya kelebihan berat badan terjadi karena makanan yang kita makan mengandung kalori yang lebih besar dari kalori yang kita habiskan dalam beraktivitas. Kalori yang besar terdapat pada lemak, gula, dan karbohidrat. Jelas bahwa pola makan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Dengan pembatasan makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, penurunan berat badan akan terjadi dengan sendirinya.

Tips Diet Sehat dan Seimbang :

  1. Mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari.
    • Buah dan sayur dapat dikonsumsi sebagai snack, di sela makan pagi, makan siang, dan makan malam.
    • Konsumsi buah : 2x, sayur : 3x.
  2. Makan 2 sampai 4 porsi protein setiap hari.
    • Sumber protein hewani : ikan, produk dairy: susu, yoghurt rendah lemak, dan telor. Makan paling sedikit 2 porsi ikan kaya omega 3.
    • Sumber protein nabati : produk soya, kacang-kacangan.
  3. Kurangi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh bersumber pada daging binatang. Pilih daging atau ayam tanpa lemak.
  4. Gantikan dengan pemakaian minyak zaitun (olive) sebagai salad dressing, pengganti mayones.
  5. Makan makanan karbohidrat kaya serat, seperti sereal, beras merah dan roti gandum.
  6. Minum banyak air, minimal 6 sampai 8 gelas sehari.
  7. Kurangi pemakaian garam dan gula berlebihan.
  8. Kurangi konsumsi makanan cepat saji/ fast food sampai kurang dari seminggu sekali. Fast food mengandung banyak lemak jenuh dan sedikit nutrisi penting, seperti serat, vitamin, dan mineral (terutama kalsium).
  9. Konsumsi makanan kesehatan yang menunjang stamina selama menjalankan diet sehat.

Pilih Makanan Kesehatan Baik

Salah satu makanan kesehatan yang sangat baik dikonsumsi saat melakukan diet sehat adalah K-Liquid Organic Spirulina. Kaya akan zat nutrisi lengkap, protein dalam bentuk asam amino yang mudah dicerna dan sangat diperlukan untuk proses pembakaran lemak menjadi energi dalam tubuh. Spirulina juga mengandung banyak beta caroten, sumber GLA yang terbaik, kaya akan vitamin, berbagai macam mineral, klorofil, dan nutrisi penting lainnya seperti phycocyanin, SOD, serta kaya akan serat dan zat antioksidan, yang sangat baik dalam membantu proses pencernaan dan meningkatkan nutrisi tubuh.

 

Peningkatan proses pembakaran dalam tubuh dapat membantu proses penurunan berat badan dan pembentukan lemak menjadi energi. Dengan terbentuknya masa tubuh dan otot yang lebih berisi, menjadikan bentuk tubuh Anda tetap ideal selama melakukan diet sehat. K-Liquid Organic Spirulina membantu hari-hari Anda berenergi dan selalu sehat (DS/Midya/Marini).