Penjelasan dan Solusi Untuk Penyakit Tumor Langerhans

Penjelasan dan Solusi Untuk Penyakit Tumor Langerhans
Selamat siang dok, saya ingin menanyakan perihal gangguan kesehatan anak teman saya usia 3 tahun berjenis kelamin perempuan. Saat umur 1 tahun sering sakit-sakitan, setelah diperiksa ternyata anak tersebut menderita tumor langerhans sampai sekarang. Mohon penjelasan dan solusi yang terbaik dok ? Terima kasih.

Jawaban

Assalamualaikum Wr.Wb,
Siang pak Sukardi Salam hidup sehat bersama K-LINK.

Kasus infeksi TB tidak hanya terjadi pada jaringan paru saja, tetapi bisa terjadi pada selaput otak, tulang, bahkan kelenjar getah bening. Untuk menegakkan diagnosa (memastikan) penyakit tersebut memang dibutuhkan beberapa pemeriksaan penunjang.

Sedangkan pada kasus tumor Langerhans (Islet Cell Tumor) adalah tumor pankreas yang jarang terjadi. Tumor muncul dari sebuah sel di pankreas, pada pankreas normal, sel-sel kecil memproduksi hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti kadar gula darah dan produksi asam lambung.

Tumor yang muncul dari sel-sel pulau langerhans juga dapat menghasilkan berbagai hormon. Meskipun sel-sel pulau kecil menghasilkan hormon yang berbeda, kebanyakan tumor hanya mengeluarkan hormon tertentu yang mengarah pada gejala spesifik. Tumor sel islet pankreas bisa jinak atau ganas (kanker).

Gejala umumnya meliputi : Berkeringat, tremor, denyut jantung cepat, cemas, merasa lapar, pusing , pandangan kabur, kejang, kehilangan kesadaran, mulut dan lidah meradang, Gastroesophageal reflux (cadangan asam lambung ke kerongkongan ), kadar gula darah rendah atau tinggi, sakit perut, mual, dan lain-lain.

Produk K-link yang bisa dikonsumsi oleh anak, mendampingi tindakan medis yang dilakukan oleh dokter ahli dalam mengatasi TB kelenjar dan tumor Langerhans antara lain Propolis Platinum (1x3 tetes /hari). Semoga bermanfaat dan lekas pulih.

Terima kasih Wassalam
Dr. Arief Munandar